in ,

Harus Rapid Gak ya Naik Kereta Api di Tengah Pandemi?

Cari tahu dulu infonya sebelum membeli tiketnya ya!

naik kereta api
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Selama pandemi, transportasi jarak jauh seperti kereta dan pesawat mengalami hambatan karena penyedia jasa menerapkan syarat baru kepada calon penumpang yang akan bepergian. Salah satu moda transportasi jarak jauh yang menerapkan persyaratan adalah kereta api. Tahukah kamu ada beberapa dokumen yang harus dibawa ketika naik kereta api jarak jauh saat pandemi.

Dokumen yang harus kamu bawa adalah hasil tes rapid yang berlaku selama 14 hari. Kamu bisa melakukan tes di puskemas atau di klinik sebelum melakukan perjalanan. Tapi, kamu sebenarnya juga bisa lho, tes di stasiun, harganya cuma Rp85.000.

Jika kamu sudah membeli tiket kereta api jarak jauh, kamu sudah bisa melakukan tes rapid di stasiun. Dan, sepengetahuan Tim Ngobrolin, ini harga tes rapid yang lumayan murah jika dibandingkan di tempat lain.

Stasiun yang menyediakan layanan tes rapid antara lain Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Semarang Tawang, Tegal, Purwokerto, Kroya, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Blitar, Kertosono, Jombang, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Jember, Ketapang, Prabumulih, Muaraenim, Lahat, Tebingtinggi, dan Lubuklinggau.

Rencananya tes rapid akan segera hadir di Stasiun Kutoarjo, Lempuyangan, Purwosari, Bojonegoro, Probolinggo, Kalisetail, Banyuwangi Kota, Tulungagung, dan Kediri.

Bagi kamu yang sudah memiliki tiket perjalanan, sebaiknya melakukan tes rapid di stasiun satu hari sebelum keberangkatan. Meskipun tes rapid bisa dilihat hasilnya setelah 15—20 menit pengecekan darah, hanya saja lebih baik melakukan tes sehari sebelum keberangkatan agar tidak terlalu terburu-buru. Hal ini karena kamu harus sudah sampai di stasiun kalau mau tes rapid di hari keberangkatan.

Pelayanan tes rapid di stasiun selalu buka setiap hari. Dan, ketika hasil tes menunjukkan bahwa kamu reaktif, kamu tidak diperbolehkan untuk naik kereta dan uang pembelian tiket akan dikembalikan. Namun, biaya pemesanan yang biasanya dikenakan pada saat pembelian tiket tidak dikembalikan.

Selain itu, penumpang wajib mematuhi protokol kesehatan secara ketat, seperti menggunakan masker, menggunakan kemeja atau kaus berlengan panjang, jaga jarak, dan mengenakan face shield. Pihak stasiun menyediakan face shield yang bisa dikenakan penumpang di stasiun keberangkatan kalau kamu tidak membawa face shield sendiri.

Setelah memenuhi seluruh persyaratannya, kamu bisa naik kereta api di tengah pandemi dengan perasaan yang tenang.

The Prediksi

The Prediksi, Klub Motor yang Katanya Dicintai Warganet

protokol kesehatan di bioskop

Bioskop di Jakarta Sudah Mulai Beroperasi, Begini Protokol Kesehatan di Bioskop