in ,

Hati-hati Akun WhatsApp Bisa Diretas dengan Cara Spyware

jangan sampai akun kamu diretas

spyware
foto: pexels

Ngobrolin.id Spyware adalah mata-mata yang terinstal secara tidak sadar oleh pengguna sehingga bisa merekam aktivitas perangkat yang sedang berjalan. Bahkan, spyware bisa memantau aktivitas SMS atau telepon yang jarang digunakan.

Spyware bisa terinstal atau sengaja disusupkan pada aplikasi atau file yang diinstal pengguna, apalagi jika asal aplikasi atau file tersebut tidak diketahui dengan pasti. Oleh karena itu, langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah terinstalnya mata-mata tersebut adalah memastikan keamanan file apa pun yang akan kamu unduh.

Agak sulit untuk mengetahui apakah hape kamu sudah terinfeksi spyware atau belum. Cara yang paling bisa dilakukan adalah mengecek penggunaan internet dalam sehari. Apakah tingkat penggunaan internet melonjak tinggi atau tidak.

Jika hape sudah disusupi oleh cara ini, aktivitas penggunaan internet akan melonjak tinggi, entah itu per jam atau per hari. Hal tersebut disebabkan oleh adanya aktivitas pengiriman data dari perangkat korban ke server hacker.

Selain penggunaan internet yang melonjak tinggi, penggunaan baterai yang melonjak tinggi juga bisa mengindikasikan bahwa perangkat kamu sudah diakses oleh hacker.

WhatsApp menjadi aplikasi yang paling rentan disusupi melalui cara ini. Pengguna yang sudah disusupi dapat dipantau semua aktivitasnya dalam aplikasi WhatsApp.

WhatsApp sendiri tidak bisa memberitahukan secara pasti bagaimana caranya mengetahui akun WhatsApp pengguna sedang diretas atau tidak. Peretasan ini tidak hanya mencuri data-data korban, tetapi sistem juga bisa menginfeksi pengguna saat sedang mengangkat panggilan WhatsApp dari nomor penyerangnya.

Peretasan ini tentu menjadi masalah besar untuk mereka yang memiliki data-data pribadi yang sangat penting dan privasi. Keamanan data tersebut bisa dicuri jika tidak dijaga dengan baik. Oleh karena itu, kamu harus melakukan beberapa hal untuk mencegah terjadinya tindakan peretasan tersebut.

Segera update aplikasi WhatsApp dan tingkatkan keamanan aplikasi dengan memasang kode ganda pada aplikasi. Selanjutnya, jangan pernah mengunduh aplikasi atau file sembarangan. Kamu juga bisa menginstal antivirus tepercaya untuk mendeteksi keberadaan spyware di hape.

Jika sudah memasang antivirus, lakukan pembaharuan secara berkala untuk meningkatkan kinerja dari antivirus tersebut.

 

hadiah pernikahan

Inspirasi Hadiah Pernikahan untuk Kamu yang Kebingungan

berhenti beriklan di facebook

Daftar Perusahaan yang Berhenti BerIklan di Facebook