in

Hati-Hati! Beberapa Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Olahraga di Rumah

jangan sampai melakukannya, ya!

olahraga di rumah
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Olahraga di rumah merupakan kegiatan yang bagus untuk terus dilakukan. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, olahraga dari rumah lebih dianjurkan daripada harus ke tempat olahraga. Namun, bagi pemula yang sebelumnya tidak terbiasa berolahraga harus memerhatikan beberapa hal penting. Karena jika tidak, kamu bisa saja melakukan kesalahan saat olahraga di rumah yang bisa menyebabkan olahraga menjadi tidak efektif.

Kesalahan tersebut biasanya disebabkan karena ketidaktahuan. Nah! Untuk itu, simak beberapa hal yang harus dihindarkan agar tidak melakukan kesalahaan saat olahraga di rumah.

Tidak melakukan pemanasan

Dalam proses olahraga, pemanasan menjadi hal wajib yang tidak boleh ditinggalkan. Kamu harus melakukan pemanasan dengan tepat agar fisik kamu siap melakukan gerakan olahraga yang melelahkan. Tanpa pemanasan, risiko cedera yang akan diterima lebih besar. Tidak mau kan setelah olahraga justru badan kamu jadi sakit?

Lakukan pemanasan kardio ringan untuk meningkatkan detak jantung dan mempersiapkan otot. Ada banyak kok tutorial pemanasan yang benar di YouYube. Lakukan dengan benar, ya!

Melakukan gerakan yang itu-itu saja tanpa ada perencanaan yang matang

Kamu juga perlu membuat perencanaan selama olahraga agar gerakan yang dilakukan tidak hanya itu-itu. Olaraga yang dilakukan dengan gerakan yang sama dan berulang-ulang bisa menyebabkan cedera. Selain itu, kamu tidak akan mengalami kemajuan yang pesat.

Lakukan olahraga secara bergantian antara tubuh bagian bawah atau atas. Atau, kamu juga bisa mengikuti level yang diberikan, misalnya dari beginner ke intermediate dan seterusnya.

Mengikuti gerakan orang yang cukup sulit

Tidak semua latihan fisik bisa kamu jalani, apalagi untuk pemula yang jarang berolahraga. Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pemula adalah mengikuti influencer yang dilihat oleh mereka. Bisa saja influencer yang melakukan gerakan tersebut sudah latihan cukup lama sehingga tubuhnya sudah terbiasa. Jadi, coba ikuti gerakan yang ringan-ringan dulu untuk membuat tubuh kamu terbiasa dengan gerakan olahraga, ya!

Memaksakan diri untuk mendapatkan hasil yang baik dan cepat

Olahraga dengan intensitas yang terlalu tinggi sebenarnya tidak baik bagi tubuh kamu. Olahraga tersebut tidak akan membuat kemajuan apa pun, malah dapat menyebabkan tubuh kamu cedera atau masalah yang fatal lainnya. Jadi, jangan terlalu tergesa-gesa, ya! Yang penting, rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bentuk gerakan yang kurang tepat

Olahraga tanpa pelatih memang rentan melakukan gerakan yang kurang tepat. Untuk meminimalisir gerakan yang kurang tepat, kamu bisa melakukan olahraga di depan kaca atau memiliki personal trainer virtual yang akan memandu olahraga kamu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

megatank irfan hakim

Fakta Menarik Megatank Irfan Hakim yang Selalu Dinantikan Pemirsa

sunmori

Kegiatan yang Biasa Dilakukan Saat Sunmori