in

Hati-hati dengan Link Website Penipuan yang Masih Marak Beredar di Chat WhatsApp

Jangan sampi kamu kena ya

website penipuan
foto: Tranmautritam dari Pexels

Ngobrolin.id — Pasti hingga saat ini kamu masih sering menerima pesan berantai atau broadcast berisi pesan yang mengarahkan pembaca untuk membuka link yang tertera. Kamu harus mewaspadai link tersebut. Sering banget pesan tersebut mengatasnamakan sebuah brand produk, instansi, hingga e-commerce, link yang tercantum pada pesan tersebut sudah pasti adalah link website penipuan.

Sayangnya, masih banyak orang yang terjebak dengan link-link tersebut sehingga telanjur membuka dan mengisi data pribadi. Nah, biar hal tersebut tidak terjadi sama kamu, lebih baik simak beberapa ciri-ciri website penipuan di bawah ini.

Tampilan website

Saat kamu klik link tersebut, hal pertama yang bisa kamu lihat adalah tampilan website. Website resmi tidak akan menggunakan desain yang aneh dan terkesan norak. Mereka akan memikirkan tampilan website yang menarik sesuai dengan karakter brand mereka. Biasanya, website penipuan merancang tampilan website ala kadarnya dan terkesan dipaksakan mirip dengan website brand tersebut.

Nah, biasanya di tampilan website tersebut ada testimonial atau jumlah pengunjung yang sudah berhasil registrasi. Jangan pernah percaya sama info tersebut dan website yang menampilkan hal tersebut kemungkinan besar pasti website bodong.

Cek nama website

Brand atau instansi resmi pasti menggunakan nama website yang mudah dihapal oleh pengguna. Kalau nama website-nya saja sudah aneh dan ada typo­-nya, sebaiknya kamu waspada dengan website tersebut. Cek juga domain website, jangan tertipu dengan domain .net dan .com karena saat ini sudah ada beberapa domain yang murah. Jadi, domain berbayar juga tidak menjamin website tersebut asli.

Jangan mau kalau disuruh membagikan link ke grup-grup lain

Kalau kamu sudah disuruh untuk membagikan link tersebut ke grup-grup lain, sudah bisa dipastikan 100 persen kalau link tersebut bodong alias penipuan.

Memiliki footer

Website asli biasanya memiliki footer seperti logo atau link yang mengacu pada penjamin keamanan. Jika website tersebut tidak memiliki footer, kamu perlu waspada. Jangan pernah memasukkan data pribadi di website tersebut.

isolasi mandiri

Mulai Mati Gaya, Begini Tips Menghilangkan Rasa Bosan Saat Isolasi Mandiri

resep tahu gejrot

Resep Tahu Gejrot Rumahan, Dijamin Lezat, Mudah, dan Murah