in

Hati-hati, Ini Bahaya Pakai Masker Spirulina

bahaya pakai masker spirulina
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Dunia kecantikan selalu menjadi prioritas utama para wanita. Nah, sejak tahun lalu, masker spirulina sangat mencuri perhatian. Spirulina adalah nama untuk satu bentuk makanan tambahan yang mirip dengan ganggang biru-hijau. Kamu penasaran nggak sih sama masker populer ini? Tapi, sebelum itu, kamu harus tahu dulu bahaya pakai masker spirulina berikut ini.

  1. Memicu alergi pada ibu hamil

Spirulina adalah ganggang biru-hijau yang biasa tumbuh secara alami di laut dan danau air asin di wilayah beriklim subtropis. Wanita yang tengah hamil harus berhati-hati sekali untuk menggunakan masker ini karena dapat menyebabkan alergi. Jangan pakai masker ini jika kamu memiliki alergi terhadap yodium dan memiliki riwayat gagal ginjal. Ini dikarenakan spirulina mengandung banyak konsentrasi vitamin, protein, dan mineral yang tinggi.

  1. Efek samping untuk masalah jerawat

Masker ini diklaim dapat memperlambat tumbuhnya bakteri yang menyebabkan jerawat sekaligus menyamarkan bekas jerawat. Apa benar? Masker spirulina umumnya mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam kulit dan keluar dalam bentuk jerawat.

Nah, biasanya jerawat ini akan ‘menetap’ di wajah kamu selama seminggu. Jadi, kalau kamu tidak menginginkan kondisi ini, kamu bisa menggunakan masker lain. Tetapi, kalau kamu bersedia mengorbankan waktu seminggu untuk kondisi kulit yang lebih baik, kenapa tidak?

  1. Memiliki bau khas yang memicu rasa mual

Sebelum kamu mencoba masker spirulina, kamu harus tahu hal ini. Produk perawatan wajah dari ganggang ini memiliki aroma yang khas dan bagi beberapa orang dapat memicu rasa tidak nyaman, bahkan mual. Jadi, jika kamu memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi terhadap bau-bau tertentu, you know what to expect sebelum menggunakan masker ini, ya!

  1. Bahaya masker spirulina palsu

Mengingat begitu viralnya masker spirulina dan juga semakin berkembangnya teknologi, banyak pula produk palsu yang beredar di pasaran dengan harga yang jauh lebih murah. Lalu, apakah efek yang bisa didapatkan jika kamu menggunakan masker spirulina palsu ini?

Beberapa efek yang timbul adalah tekstur kulit jadi lebih kering, kusam, munculnya iritasi pada wajah, rasa gatal yang berlebihan, muncul jerawat, dan kulit wajah terasa perih. Itulah sebabnya kamu harus cari tahu terlebih dahulu produk yang ingin kamu beli.

jenis complexion

5 Jenis Complexion, Wajib Tahu Bedanya!

meningkatkan produksi ASI

6 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Produksi ASI Lho Moms