in ,

Hati-hati, Jangan Berikan Foto Selfie Pegang KTP ke Sembarang Orang

lebih waspada ya gaes!

selfie pegang ktp
foto: pexels

Ngobrolin.id — Pernah gak kamu diminta untuk foto selfie pegang KTP sama seseorang yang katanya untuk memverifikasi data secara online. Cara tersebut bisa dibilang sangat memudahkan pengguna di zaman yang serba canggih ini. Namun, bisa juga menjadi bahaya karena data kamu malah nyasar ke scammers yang akan menggunakan data kamu sembarangan.

Kasus ini pernah terjadi pada 2017. Ada sebuah laman tiruan PayPal yang mencoba memancing pengguna untuk mengunggah beberapa informasi penting, seperti riwayat pembayaran kartu dan foto selfie pegang KTP. Dengan modal informasi tersebut, para scammers bisa masuk ke akun PayPal asli korban.

Kasus serupa masih sering terjadi hingga saat ini. Foto selfie sambil memegang KTP bisa disalahgunakan untuk hal yang cukup berbahaya, misalnya saja pinjaman online. Serem banget kan?! Gak tau apa-apa, tapi tiba-tiba ada orang yang menagih kamu untuk melunasi utang yang tidak pernah kamu ajukan.

Foto dengan kartu identitas memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan scan kartu identitas di pasar gelap internet. Kamu harus lebih teliti lagi ketika diharuskan mengirim foto selfie pegang KTP agar foto tersebut tidak disalahgunakan.

Sebelum mengirim foto tersebut, pastikan website atau formulir yang kamu isi berasal dari instansi yang meyakinkan. Biasanya, formulir yang berasal dari pihak ilegal akan memiliki banyak kejanggalan, seperti ada kesalahan ketik atau eror. Instansi legal pasti sangat menghindari penggunaan tata bahasa dan penulisan kata di dalam formulir yang asal-asalan.

Jangan langsung percaya pada email yang mengatasnamakan sebuah instansi, tetapi email tersebut masih menggunakan email gratisan seperti Yahoo dan Gmail. Tapi, terkadang ada juga scammers yang menggunakan email gratisan agar terlihat lebih meyakinkan. Kalau sudah seperti itu, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu pada costumer service instansi terkait, ya.

Kamu juga bisa melihat domain pada email tersebut. Biasanya, alat yang sekilas tampak resmi atau formal, jika diteliti pada domain yang digunakan, biasanya lokasi domain dan situs phising tidak sesuai dengan alamat pengirim. Kalau sudah seperti itu, kamu wajib waspada!

Selanjutnya, jika tidak ada informasi langsung dari situs resminya, kamu sudah wajib untuk mewaspadainya!

 

 

 

 

 

 

 

jenis pisang

Deretan Jenis Pisang yang Disukai Masyarakat Indonesia

Sherlock Holmes

Ahli Waris Conan Doyle Menuntut Tokoh Sherlock di Film Enola Holmes, Wah Kenapa Ya?