in ,

Hati-hati, Jangan Unggah Hal-hal Ini di Media Sosial!

jangan sampai kamu malah membahayakan diri sendiri, ya!

media sosial
foto: pexels

Ngobrolin.id — Di era yang serba digital, sebagian aktivitas bisa dilakukan secara online, termasuk mengunggah berbagai hal yang kamu inginkan. Namun, kamu harus tahu bahwa ada beberapa hal yang tidak boleh dipublikasikan ke media sosial ataupun internet. Yang pasti, jangan unggah data pribadi kamu yang sangat krusial. Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya tidak diunggah di media sosial.

Alamat rumah atau sekolah

Salah satu data berbahaya untuk dicantumkan dalam media sosial adalah alamat rumah atau sekolah. Pasalnya, berbekal informasi tersebut keberadaan kamu bisa dilacak oleh orang yang berniat jahat dengan kamu.

Banyak anak remaja yang sering mempublikasikan alamat rumah atau sekolah di situs jejaring sosial, baik di halaman utama maupun di kolom komentar. Sebaiknya, jangan unggah hal ini, ya! Demi keselamatan kamu juga kok.

Nomor telepon

Nomor telepon merupakan salah satu data paling berharga dan jangan kamu berikan ke sembarang orang. Bahkan, meskipun tidak diberikan ke sembarangan orang, nomor kamu masih bisa dihubungi nomor asing dengan berbagai modus.

Pada 2016 pernah terjadi kasus kejahatan di dunia maya, sekolompok orang tidak bertanggung jawab mengumpulkan nomor telepon pengguna jejaring sosial dan menggunakan informasinya untuk didaftarkan pada layanan perbankan online.

Lokasi terkini

Sama seperti informasi alamat rumah atau sekolah, sebaiknya jangan menggunakan fitur lokasi terkini di media sosial, apalagi saat kamu masih berada di daerah tersebut. Namun, kalau kamu tetap ingin membagikan informasi lokasi terkini karena beberapa hal, misalnya karena lokasinya bagus dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi, kamu bisa gunakan fitur lokasi terkini saat sudah tidak berada di lokasi tersebut.

Foto barang mewah

Kalau dulu, kamu tidak dianjurkan menggunakan barang mewah saat menggunakan transportasi publik. Saat ini, sebaiknya kamu juga tidak menunjukkan barang mewah di media sosial. Kedua anjuran tersebut sama-sama berguna untuk mencegah adanya serangan dari pelaku kejahatan terhadap kamu akibat tertarik dengan barang mewah yang ditunjukkan ke publik.

Foto bayi atau anak yang berkualitas tinggi

Anak yang menggemaskan memang sering membuat kamu geregetan dan ingin segera mempublikasikan di akun media sosial. Namun, kamu harus hati-hati, banyak kasus penipuan, bahkan hingga penjualan bayi yang menggunakan foto bayi yang diambil secara random dari internet, lho!

Hari Tani Nasional

Sejarah Hari Tani yang Jatuh di Tanggal 24 September

film enola holmes

Review Film Enola Holmes, Keluarga Detektif yang Unik