in ,

Hati-hati Kedok Self love yang Malah Bikin Boros, Ini Tipsnya!

Jangan sampai menyesal di kemudian hari ya!

self love
foto: Pexels

Ngobrolin.idSelf love memang perlu dilakukan oleh semua orang untuk membuat diri menjadi lebih rileks dari aktivitas sehari-hari yang sudah menyita waktu, tenaga, dan pikiran. Namun, terkadang banyak orang yang kurang berhati-hati ketika melakukan self love karena ujung-ujungnya malah jadi boros.

Alih-alih ingin mencintai dan membahagiakan diri sendiri, nanti kamu malah sulit membedakan mana yang harus dibeli atau tidak. Akhirnya, keadaan keuangan menjadi cekak akibat boros. Kalau sudah seperti itu, kamu bakalan susah lagi deh buat self love-nya. Nah, biar gak menyesal di akhir, Tim Ngobrolin punya tipsnya. Simak ya!

Me time

Sebelum sibuk memikirkan hal apa yang ingin dibeli, sebaiknya kamu ambil waktu untuk me time (sendirian) melakukan hal yang kamu senangi. Misalnya, jalan-jalan di taman, tidur, nonton film, dan semacamnya. Sisihkan waktu selama beberapa jam agar kamu bisa menikmatinya dengan tenang. Tapi ingat, jangan terlalu lama ketika me time karena bisa menyebabkan kamu malas dan lupa melakukan aktivitas lainnya.

Me time cukup beberapa jam atau beberapa hari saja, yang penting waktu tersebut digunakan semaksimal mungkin biar me time kamu berkualitas.

Menentukan hal yang lebih penting

Pasti rasanya ingin membeli ini itu yang dapat memanjakan diri sendiri, mulai dari perawatan wajah, tas terbaru, sepatu terbaru, dan lain-lain. Namun ingat, kamu tidak bisa melakukan semua itu apabila kondisi keuangan tidak mendukung. Jangan memaksakan keinginan yang masih bisa ditahan. Sebaiknya, pilih keinginan yang memang sudah sangat dibutuhkan. Misalnya, membeli tas baru karena tas yang lama sudah rusak.

Jangan sampai berutang

Jangan memaksakan diri untuk beli sesuatu sampai akhirnya kamu berutang. Iya sih memang boleh memanjakan diri sendiri dengan membeli barang yang sudah lama diimpikan, tapi kalau membelinya dengan berutang, nanti kamu perlu mencari cara untuk membayar utang tersebut. Apalagi, kalau utang tersebut berasal dari aplikasi pinjaman online dengan bunga yang cukup besar.

Kelola dana khusus

Nah, biar terhindar dari utang, kamu bisa mengalokasikan dana khusus untuk memanjakan diri sendiri. Setelah dana tersebut terkumpul banyak, baru deh kamu bisa memanjakan diri sendiri dengan hal yang kamu sukai. Dengan begitu, kamu gak akan punya beban pikiran atau merasa berdosa setelah memanjakan diri sendiri.

sitkom Indonesia

Sitkom Indonesia yang Bagus dan Berhasil Bikin Ngakak

mi ayam jamur

Resep Mi Ayam Jamur Lezat dan Mudah Dibuat