in

Hati-hati sama Pasangan Tipe Manipulatif, Begini Ciri-cirinya

jangan sampai kecebur terlalu dalam dengan toxic realtionship

pasangan manipulatif
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Di dunia ini ada banyak sifat yang kemungkinan bisa kamu jumpai. Tidak semuanya baik dan juga tidak semuanya buruk, kamu hanya perlu waspada terhadap beberapa orang yang mulai menunjukkan gelagat yang kurang baik, termasuk pasangan. Ada lho pasangan manipulatif yang pinter banget berakting di depan banyak orang.

Sifat manipulatif tersebut bisa membahayakan kamu jika kamu tidak segera menyadarinya. Pasalnya, orang yang manipulatif sering melakukan berbagai hal dengan cara yang menurut dia baik, padahal cara tersebut bisa merugikan orang lain, termasuk kamu sebagai pasangannya. Pasangan tipe manipulatif bisa dideteksi melalui beberapa cara di bawah ini.

Mulai mendominasi

Pasangan yang terasa sudah mulai mendominasi dan mengendalikan segala hal di dalam hidup kamu sebaiknya segera waspadai gerak-geriknya. Meskipun dia pasangan kamu dan berhak memberikan masukan kepada kamu, tetapi dia gak berhak buat memaksa kamu untuk mengikuti apa yang dia perintahkan. Kamu harus pintar menganalisis setiap kejadian biar gak didominasi sama pasangan.

Selidiki tentang motif dan tujuan dari semua perintah atau permintaan yang dikehendaki. Jangan langsung terima begitu saja.

Sering memanipulasi emosional

Pasangan manipulatif sangat mudah memainkan emosional pasangannya. Terkadang, tanda-tanda ini sangat sulit diidentifikasi, apalagi saat kamu sedang benar-benar mencintainya atau membutuhkannya. Manipulatif emosional yang paling sering dilakukan adalah membuat kamu sering merasa bersalah sehingga kamu akan terlihat lemah di hadapannya.

Memang manusia tidak ada yang benar, tetapi kamu juga belum tentu selalu salah. Jangan terus merasa bersalah karena itu bisa menjatuhkan harga diri kamu. Kamu harus bisa memegang prinsip dalam hidup agar memiliki batasan-batasan mana yang salah dan tidak.

Sering mengambil hak pilih

Sinyal lain yang perlu kamu waspadai adalah kebiasaan dia ketika berusaha mengambil hak pilih yang kamu punya. Misalnya, gaya berpakaian, memang preferensi berpakaian masing-masing orang berbeda-beda, tetapi itu bukan menjadi alasan bagi pasangan kamu memaksa agar kamu mengganti gaya berpakaian.

Beda cerita jika pasangan kamu memberikan pandangan dan masukan terhadap gaya berpakaian sesuai dengan logika, terus kamunya mulai tersadar dan bisa menerima masukan darinya untuk mengubah sedikit gaya berpakaianmu.

Suara hati

Suara hati terkadang menjadi penolong yang paling sering tidak disadari. Meski perasaan sedang berbunga-bunga, jika ada satu hal yang mengganjal dan secara tidak sengaja otak memikirkan hal tersebut, pasti di insting langsung bermain.

batu tawas

Kenal Lebih Dekat Batu Tawas yang Bisa Menghilangkan Bau Ketiak

a perfect fit

Sinopsis A Perfect Fit, Film Romansa dengan Nuansa Bali yang Sangat Kental