in ,

Hati-hati Terjebak Doomscrolling yang Bikin Stres

jangan bikin diri stress sendiri, ya!

doomscrollin
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Di tengah era yang semakin canggih, berselancar di media sosial seakan-akan sudah menjadi salah satu kegiatan yang pasti dilakukan setiap hari. Apalagi, di tengah masa pandemi COVID-19 yang membuat banyak orang harus bertahan di rumah. Buat kamu yang terlalu sering memantau media sosial, hati-hati terjebak doomscrolling yang bisa mengakibatkan stres dan mengganggu kesehatan mental.

Istilah doomscrolling merupakan gambaran dari seseorang yang rajin scrolling di internet. Kondisi tersebut bisa memicu kamu lebih menyukai berita negatif dan mudah mempercayai hoaks. Memang, saat ini kita perlu mengetahui informasi terkini tentang COVID-19, tapi gak setiap hari juga kamu mencari taunya karena hal tersebut bisa menjadi beban pikiran yang berbahaya.

Nah, biar kamu gak terjebak sebagai doomscrolling, berikut ini beberapa kiat yang bisa kamu lakukan.

Kurangi kebiasaan lihat hape saat baru bangun tidur di pagi hari

Saat ini sudah jarang orang yang langsung melihat jam di dinding ketika bangun tidur di pagi hari. Kebanyakan orang langsung buka hape untuk melihat jam, lalu habis itu merembet buka aplikasi lain seperti WhatsApp, Instagram, dan lain-lain.

Nah, kebiasaan tersebut sudah harus kamu kurangi untuk menjaga kesehatan mental. Sebaiknya, bangun tidur jangan langsung memegang hape atau setidaknya lihat jam di hape saja. Setelah itu, lakukan aktivitas lain seperti minum air putih, pemanasan, merapikan tempat tidur, sarapan, mandi, dan lain-lain.

Matikan pemberitahuan di layar hape

Biar kamu gak selalu penasaran dengan berita-berita yang muncul di media sosial atau laman website, sebaiknya kamu matikan pemberitahuan tersebut. Kalau pemberitahuan tersebut tidak dimatikan, kamu pasti punya rasa penasaran yang dapat membuat kamu tergoda untuk langsung membuka media sosial atau portal berita terlalu sering. Sadar gak, kalau notifikasi sering mengganggu pikiran kamu jadi kurang fokus.

Hindari kebiasaan FOMO

FOMO atau fear of missing out saat ini menjadi salah satu topik pembicaraan yang banyak dibahas oleh orang-orang. Pasalnya, FOMO membuat seseorang terus berburu berita baru yang cenderung negatif sehingga membuat kamu terlalu banyak menampung informasi yang kurang baik. Nah, kebiasaan ini perlu kamu hentikan sesegera mungkin untuk menjaga kesehatan mental di tengah pandemi ini.

 

dimakan rayap

Cara Menyimpan Buku, Pakaian, dan Uang agar Tidak Dimakan Rayap

Selesai

Selesai, Film Terbaru Gading Marten dan Ariel Tatum