in

Helm Sepeda Sebenarnya Penting atau Tidak

safety first ya!

helm sepeda
foto: pexels

Ngobrolin.id — Salah satu perlengkapan yang sering ditawarkan ketika kamu membeli sepeda adalah helm sepeda. Sebenarnya, ada gak sih urgensi dari mengenakan helm saat bersepeda. Karena banyak yang beranggapan, helm hanya digunakan sebagai pelengkap atau aksesoris tambahan. Pasalnya, kecepatan sepeda tidak sekencang kendaraan lain seperti motor.

Sebenarnya, ada beberapa pendapat, sebagian besar beranggapan helm sepeda bukan sekadar aksesoris dan pelengkap. Helm sepeda sangat berguna untuk melindungi kamu dari risiko cedera yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Helm merupakan alat pelindung diri untuk melindungi bagian kepala kamu dari benturan. Karena kecepatan bersepeda tidak sekencang sepeda motor, daya tekanan helm tidak terlalu besar. Atau sederhananya, kamu tidak akan merasakan sensasi yang mengekang kepala ketika mengenakan helm sepeda. Berbeda dengan naik sepeda motor, kamu harus mengenakan helm yang mampu melekat dengan baik di kepala karena kecepatannya yang tinggi.

Helm untuk bersepeda juga dirancang tidak terlalu rapat, justru berongga-rongga atau setidaknya terdapat beberapa lubang untuk ventilasi udara. Hal ini berguna untuk mencegah temperatur di antara helm dan kulit kepala meningkat secara tidak normal.

Helm sangat berguna untuk melindungi kepala penggunanya dari benturan yang bisa sangat membahayakan. Ada yang bilang, lebih baik helm yang retak daripada tengkorak kepala. Mengingat tengkorak kepala merupakan salah satu bagian vital di tubuh yang harus kamu jaga dengan baik.

Saat menggunakan helm, jangan pernah lupa memasang pengait yang diletakkan di bagian bawah dagu, ya. Karena jika tidak, helm akan mudah terlepas dan tidak bisa berfungsi untuk melindungi kepala kamu.

Selain helm, kamu harus memastikan kondisi sepeda yang digunakan baik-baik saja, seperti rem, lampu, atau elemen lain di dalam rangkaian sepeda. Hal ini sangat berguna untuk menjaga keselamatan kamu selama berkendara. Setidaknya, risiko kecelakaan bisa diminimalisir dengan kondisi sepeda yang baik.

Kamu juga harus menaati semua peraturan yang ada di jalan raya agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.

nurflix

Nurflix, Streaming Film Versi Halal Asal Malaysia

mindfulness

Atasi Kecemasan di Tengah Pandemi dengan Mindfulness