in ,

Hidangan ala Kalimantan Tengah yang Menggugah Selera

Harus banget coba!

Kuliner khas Kalimantan Tengah
Foto: instagram rasasayange

Ngobrolin.idKuliner khas Kalimantan Tengah tak bisa dilewatkan begitu saja. Saat mengunjungi provinsi beribukota Palangka Raya ini, pastikan kamu sudah mencicipi beragam aneka masakan berikut.

Kalumpe

Makanan khas yang satu ini juga kerap disebut karuang. Kalumpe adalah sayuran yang terbuat dari daun singkong tumbuk. Daun ini kemudian dicampur dengan terong kecil. Lalu, diberi tambahan berupa bumbu-bumbu. Menyantap kalumpe akan lebih nikmat dengan nasi hangat dan sambal terasi.   

Juhu umbut sawit

Makanan ini adalah salah satu olahan khas Suku Dayak Ngaju. Berbahan dasar bongkol pohon kepala, tekstur dan rasanya hampir mirip dengan rebung. Biasanya, juhu umbut sawit disajikan saat acara pernikahan dan syukuran. Sayur ini pun disajikan bersama sambal.

Juhu umbut rotan

Tak hanya kelapa, rotan juga bisa diolah jadi hidangan lezat, lho. Juhu umbut rotan terbuat dari rotan muda ataupun tunas pada pangkal rotan. Teksturnya kenyal dan rasanya lebih pahit jika dibandingkan dengan rebung.

Pembuatan juhu umbut rotan dilakukan dengan membersihkan kulitnya, kemudian dipotong kecil-kecil. Selanjutnya, rotan dimasak dengan campuran terong dan ikan baung.

Wadi

Kuliner ini terbuat dari ikan atau daging babi. Daging tersebut kemudian dilumuri berbagai bumbu dari beras ketan putih atau biji jagung yang sudah disangrai hingga kecokelatan. Bumbu ini dikenal oleh Suku Dayak Maanyan sebagai sa’mu.

Cara pembuatan wadi adalah dengan membersihkan daging babi atau ikan terlebih dahulu, kemudian merendamnya dalam air garam selama 5—10 jam. Kemudian, daging dikeringkan dan diberi sa’mu. Daging ini pun disimpan hingga berhari-hari. Sebelum menyantapnya, wadi biasa digoreng terlebih dahulu.

Bangamat

Ingin mencoba kuliner khas Kalimantan Tengah yang ekstrem dan tidak bisa ditemukan di tempat lain? Kamu wajib menjajal bangamat. Makanan ini terbuat dari daging kelelawar yang dimasak dengan sulur keladi, sayur hati batang pisang, dan bumbu rempah lainnya.

Kelelawar yang digunakan adalah kelelawar besar atau kalong. Jenis ini merupakan tipe kelelawar pemakan buah. Sebelum dimasak, bagian seperti kuku, bulu kasar, dan usus dibuang terlebih dahulu.

Kue getas

Camilan yang satu ini terbuat dari beras ketan. Bentuknya yang lonjong hampir mirip dengan telur dan agak pipih. Di lapisan luarnya, diberi lapisan gula sehingga rasanya manis. Kue getas dikenal juga sebagai kue gagatas.

Keripik kelakai

Berbeda dari keripik kebanyakan, camilan yang satu ini terbuat dari kelakai. Keripik ini dibuat dari daun kelakai yang masih muda. Makanan berbahan dasar tanaman kelakai pun sudah lama dikenal sebagai panganan favorit Suku Dayak. Kamu bisa membawa keripik kelakai sebagai oleh-oleh khas Kalteng, lho.

kuliner khas Kalimantan Selatan

Wajib Icip, Ini Aneka Kuliner Khas Kalimantan Selatan

seni melukis yang unik

5 Seni Melukis yang Unik, Salah Satunya dari Indonesia