in

Hidangan Merah Putih, Kuliner Khas Kemerdekaan

Dirgahayu Republik Indonesia! Yuk makan dulu

kuliner khas kemerdekaan
Foto: instagram bundakz

Ngobrolin.id — Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia bisa dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menyantap kuliner khas kemerdekaan bersama-sama tetangga dalam acara syukuran warga. Tak sembarangan, menu-menu berikut ini dibuat untuk memperingati jasa para pahlawan yang telah memerdekaan Indonesia dari penjajahan.

Nasi tumpeng merah putih

kuliner khas kemerdekaan
Foto: instagram deeslicious

Nasi tumpeng melambangkan kemakmuran dan impian yang tinggi. Hidangan ini disajikan dalam porsi besar dan bisa dikonsumsi oleh banyak orang sekaligus sehingga sangat cocok digunakan sebagai hidangan syukuran.

Nasi tumpeng berbentuk kerucut ini dibuat dari dua jenis nasi yang berbeda, yakni nasi putih di bagian bawah dan nasi merah di bagian atasnya. Warna merah dan putih melambangkan bendera Indonesia yang berhasil dikibarkan ketika Indonesia merdeka.

Hidangan ini pun disajikan dengan beragam lauk. Mulai dari kering kentang, telur dadar, ayam goreng, tahu dan tempe goreng, sambal, dan lalapan diletakkan mengelilingi nasi sebagai lambang dari kemakmuran Indonesia.

Bubur merah putih

kuliner khas kemerdekaan
Foto: instagram lysyantinasution

Bubur merah dan bubur putih digunakan untuk perayaan dan ritual bayi yang baru dilahirkan. Namun, makanan yang terbuat dari beras dan santan ini juga bisa digunakan sebagai hidangan khas kemerdekaan.

Warna merah pada bubur ini didapatkan dengan menambahkan gula jawa. Selain rasanya menjadi lebih manis, warna ini pun menjadi pelengkap bubur beras yang sudah berwarna putih. Menyantap bersama hidangan bubur merah putih saat suasana kemerdekaan bisa meningkatkan rasa nasionalis kita, lho. Terlebih jika hidangan ini disajikan dalam acara antarwarga.

Kue lapis merah putih

kuliner khas kemerdekaan
Foto: instagram bundakz

Jika sudah menyantap hidangan utama, tidak ada salahnya untuk menyiapkan menu camilan yang juga bernuansa kemerdekaan. Kue lapis merah putih adalah salah satu solusinya. Kue ini dibuat seperti kue lapis kebanyakan, hanya saja paduan warna yang digunakan adalah warna merah dan warna putih.

Kue ini dibuat dari campuran tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, dan garam. Pewarna makanan ditambahkan agar warna kue lebih menarik dan menggoda mata.

Bubur mutiara sumsum

kuliner khas kemerdekaan
Foto: instagram liasoebagjo

Selain terbuat dari beras, bubur merah putih juga bisa disajikan dengan memadukan dua jenis bubur ini. Bubur mutiara terbuat dari sagu mutiara, butiran bola-bola berwarna merah yang terbuat dari sagu. Sementara, bubur sumsum terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan santan.

Keduanya kemudian disiram dengan kuah santan pekat dan gula jawa agar rasanya lebih manis dan gurih merata. Berikan pula hiasan potongan daun pandan.

Penyakit asam urat

Pelajari Tahapan Penyakit Asam Urat Sebelum Terlambat

dampak negatif kerja

Jangan Bawa Pulang Kerjaan!