in ,

Hilangkan Noda Kuning di Ketiak Baju dengan Cara Ini

say good bye buat noda kuning yang bikin gak pede

noda kuning di ketiak baju
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Baju yang sering dipakai terkadang dapat terkena noda akibat keringat dan produk deodoran, terutama di bagian ketiak baju. Akibatnya, area tersebut menjadi menguning dan kaku. Noda kuning di ketiak baju tersebut sangat sulit dibersihkan dengan cara biasa, kamu perlu melakukan proses tambahan untuk membersihkan noda tersebut.

Deodoran yang kamu gunakan mengandung zat yang dapat menekan produksi keringat. Kandungan tersebut akan bereaksi dengan keringat tubuh kamu yang terdiri atas beragam jenis protein dan mineral. Reaksi tersebut menyebabkan kelenjar keringat berubah menjadi kuning dan hasil tersebut diserap oleh baju kamu sehingga menimbulkan noda.

Agar ketiak kamu tidak terkena noda kuning, sebaiknya pilih deodoran yang tepat dengan kandungan aluminium yang minim. Biasanya, deodoran tersebut mencantumkan ‘bebas noda’ pada kemasannya. Cara lain yang bisa dilakukan adalah meminimalisir penggunaan deodoran, seperti ketika kamu tidak melakukan banyak aktivitas. Selain itu, cukur bulu ketiak secara berkala dan cuci noda pada bagian ketiak dengan benar.

Kalau baju kamu sudah telanjur terkena noda tersebut, berikut ini Tim Ngobrolin punya beberapa rekomendasi bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda kuning di ketiak baju yang bisa kamu lakukan.

Gunakan kaus dalam yang dapat berfungsi sebagai penghalang antara keringat dengan baju yang kamu kenakan sehingga noda tersebut tidak menempel pada baju kamu.

Apabila kamu mengenakan baju berbahan katun atau katun campuran, kamu bisa menggunakan taburan bedak bayi sebelum baju disterika untuk melindungi baju dari noda kuning yang membandel.

Bahan-bahan tersebut di antaranya produk berbahan enzim, amonia, cuka, soda kue, dan produk berbahan hidrogen peroksida (bahan ini hanya dapat digunakan pada baju berwarna putih).

Kalau bingung mencari bahan-bahan tersebut, kamu bisa menggunakan beberapa bahan yang mudah dijumpai seperti lemon (untuk baju berwarna putih), aspirin, dan sabun pencuci piring.

Cara penggunaannya sangat mudah, kamu hanya perlu mengoles salah satu bahan-bahan tadi ke area noda kuning. Setelah itu, rendam baju dengan air hangat. Percobaan ini harus dilakukan selama beberapa kali hingga noda tersebut benar-benar menghilang. Jangan keringkan baju di mesin pengering saat noda tersebut belum menghilang.

 

popok bayi bekas

Jangan Buang Popok Bayi Bekas, Bisa Dijual Lho!

rasa nyeri di jari

Trik Mengatasi Rasa Nyeri di Jari Saat Belajar Gitar