in ,

Hindari Cara Menyimpan Makanan di Kulkas Seperti Ini

Menyimpan makanan di kulkas ada triknya, lho.

Menyimpan makanan di kulkas
Foto: freepik

Ngobrolin.idMenyimpan makanan di kulkas merupakan hal lumrah. Suhu dalam lemari pendingin ini lebih rendah daripada suhu ruangan. Dengan begitu, makanan yang disimpan pun dapat tahan lebih lama. Namun, ternyata cara menyimpan di dalam kulkas jika dilakukan dengan tidak benar bisa berakibat fatal, lho. Mulai dari cepat busuk hingga masalah kesehatan, inilah hal yang harus kamu hindari.

Sering kali kita meletakkan sayuran ataupun buah-buahan langsung di kulkas tanpa melapisinya terlebih dahulu. Kamu bisa membungkusnya dengan pembungkus khusus. Hal ini dapat meningkatkan umur simpan hingga lebih dari tiga hari setelah dimasukkan.

Penggunaan pelapis tersebut akan meminimalkan kontaminasi di dalam kulkas. Namun, akan lebih baik bila kamu mengonsumsi buah dan sayur tanpa perlu dimasukkan ke lemari pendingin sebelumnya, lho.

Walaupun makanan yang disimpan dalam kulkas lebih awet, bukan berarti kamu dapat menyimpannya dalam jangka waktu yang sangat lama. Makanan yang disimpan beku dengan suhu kurang dari minus 17 derajat Celcius dapat bertahan hingga tiga bulan.

Hanya saja, makanan yang lama disimpan dalam kulkas tentu saja memiliki cita rasa yang menurun. Kuallitas makanan pun tidak akan sama dengan makanan segar. Begitu pula dengan kandungan gizinya yang seringkali sudah menurun.

Selain itu, cara menyimpan makanan di kulkas yang sering kali tidak diperhatikan oleh pemilik adalah memasang suhu yang tepat. Lemari pendingin nonfreezer sebaiknya disetel pada suhu sekitar 3—5 derajat Celcius.

Sementara, suhu freezer sebaiknya diatur pada suhu minus 18 derajat Celcius. Suhu di atas suhu yang dianjurkan tersebut dapat mengakibatkan bakteri rawan tumbuh dan mencemari bahan makanan.

Kesalahan terakhir yang sering diabaikan adalah meletakkan makanan hingga penuh sesak di dalam kulkas. Akibatnya, pendinginan tidak bisa dilakukan secara optimal. Makanan pun akan lebih cepat busuk karena suhunya hampir sama atau bahkan lebih panas daripada suhu ruangan biasa.

Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat menggunakan wadah khusus untuk menyimpan bahan makanan. Gunakan wadah-wadah terpisah yang dapat disusun rapi di dalam kulkas. Selain memisahkan makanan dan tidak membuatnya tercampur, wadah ini juga membuat kulkas lebih mudah ditata dan lebih rapi.

aplikasi dekorasi rumah

Kreasikan Interior Rumah dengan Bantuan Aplikasi Ini

menurunkan berat badan

Berniat Diet? Coba Morning Routine Ini