in

Hindari Duduk Terlalu Lama, Kenapa?

duduk terlalu lama
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Kita hidup di zaman yang mengharuskan untuk duduk lebih lama, tanpa kita sadari. Berangkat kuliah atau bekerja, duduk. Sampai lokasi, duduk lagi untuk mendengarkan dosen atau meeting. Saat jam makan siang bahkan hingga perjalanan pulang, seringkali kita duduk lagi dan lagi. Padahal, sebaiknya kita menghindari duduk terlalu lama.

Beberapa dampak dari duduk terlalu lama dapt dirasakan oleh penderitanya.

Duduk sendiri dianjurkan tidak sampai 13 jam sehari karena bisa mengganggu metabolisme tubuh. Beberapa gejala yang dirasakan jika terlalu banyak duduk adalah otot kaku, gangguan keseimbangan, dan gangguan fungsi motoris tubuh.

Jika terlalu banyak duduk, tulang belakang, tulang punggung, dan tulang otot gluteal atau tulang pantat akan stres. Stresnya beberapa tulang ini tentu punya akibat fatal jika terjadi terus-menerus setiap hari selama berthaun-tahun.

Kita pasti pernah merasakan, dong, jika terlalu lama duduk akan mengakibatkan pinggul pegal-pegal. Selain itu, nyeri leher juga akan terjadi jika duduk dalam posisi tegak selama berjam-jam.

Duduk terlalu lama juga punya risiko terhadap kesehatan yang nggak kalah mengerikan. Tiap tambahan duduk selama satu jam, akan meningkatkan risiko penyakit sebanyak 18 persen. Duh, nggak kebayang kan kalau setiap hari terus-terusan duduk?

Jika duduk tersebut dilakukan lebih lama, yaitu dua jam, tekanan darah akan berkurang. Efek lainnya dari tambahan duduk 2 jam ini adalah gula akan meningkat dan kadar kolesterol baik akan merosot 20 persen.

Parahnya, orang yang duduk lebih dari 6 jam per hari akan berisiko lebih besar terkena beberapa penyakit. Penyakit tersebut masuk ke-4 penyakit paling mematikan. Penyakit jantung koroner, stroke, diabetes, dan kanker adalah ancaman kesehatan tersebut.

Wanita yang duduk lebih dari 7 jam sehari cenderung memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah melakukan lebih banyak berdiri, berjalan, dan berlari. Kita bisa mulai berolahraga di akhir pekan atau sebelum berangkat kuliah dan ke kantor. Kita juga bisa mengurangi aktivitas dengan lift dan beralih ke tangga jika dalam jarak dekat.

Selain itu, pastikan melakukan gerakan perenggangan jika terlalu lama duduk. Perenggangan bisa dilakukan sambil berdiri, lho. Kamu bisa berdiri setelah setengah jam hingga satu jam duduk.

Solusi lainnya adalah dengan minum lebih banyak air putih. Setidaknya, ketika butuh buang air kecil di belakang kamu akan berdiri, kan?!

tips ini agar aman di internet

Lakukan Tips Ini Agar Aman di Internet

kurang minum air

Apa yang Terjadi Jika Kurang Minum?