in ,

Hindari Hubungan dengan Teman Toxic, Begini Ciri-Cirinya

ketahui ciri-ciri teman toxic disini

teman toxic
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Dalam hubungan sosial kita akan menjumpai berbagai karakteristik yang berbeda-beda. Baik atau buruknya karakteristik tersebut tergantung bagaimana persepsi kita menilai seseorang. Namun, ada juga teman yang secara tidak sadar sebenarnya tidak baik buat kamu. Bukan karena persepsi saja, melainkan karena sifatnya alamiahnya. Yuk, kenali ciri-ciri teman toxic kaya gini.

Sebenarnya, teman yang toxic tidak harus dijauhi, cukup jaga jarak dengannya untuk membuat hubungan kalian tetap baik, dan terus berbuat baik dengannya.

Iri dengan pencapaianmu

Setiap orang yang lahir di dunia pasti akan memiliki takdirnya masing-masing. Begitu juga dengan takdir keberhasilan dalam dirinya. Sebagai teman yang baik ketika melihat temannya bahagia, seharusnya ikut berbahagia. Namun jika ia selalu tidak bisa menerima kebahagiaan yang baru saja didapatkan olehmu, kamu harus mewaspadainya.

Selalu berbicara tentang dirinya

Setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang memang senang berbicara dan ada yang senang mendengar. Jika temanmu selalu bercerita tentang dirinya tanpa memedulikan dirimu, kamu patut waspada.

Namun, jangan langsung menuduh bahwa temanmu toxic. Coba dulu untuk bercerita tentang dirimu kepadanya. Lihat bagaimana reaksinya, apakah merespons ceritamu atau malah sebaliknya.

Senang berbohong

Orang yang berbohong, lambat laun pasti akan terbongkar. Jika kamu sudah menemukan satu kebohongan dari diri temanmu, terlebih lagi itu adalah kebohongan yang besar, sebaiknya kamu mewaspadai temanmu. Bukan untuk menaruh curiga, melainkan hanya untuk berhati-hati. Sebab, kejujuran merupakan barang yang mahal dalam hubungan pertemanan. Jika sudah retak, akan susah dikembalikan.

Susah untuk diajak berkembang

Teman yang selalu hanya ingin foya-foya atau hura-hura dan tidak pernah sadar bahwa hidup terus berputar juga bisa menjadi toxic buat hidupmu. Pasalnya, hidup kamu dan temanmu berbeda.

Jika kamu selalu mengikuti ritme hidupnya tanpa memedulikan kebutuhan dalam hidupmu, kamu akan terjebak. Sebaiknya, kamu sendiri harus bangkit sendiri sambil sedikit demi sedikit mengajak temanmu walaupun selalu ditolak. Setidaknya kamu sudah berusaha.

Menguasai hidupmu

Hidupmu adalah hidupmu, dan harus kamu yang mengendalikan segala yang terjadi, bukannya malah temanmu. Jika kamu sudah merasa bahwa temanmu menjadi prioritas utama dalam hidup hingga mengendalikan aktivitas, kamu harus menanyakan pada diri sendiri apakah ini sudah tepat?

 

 

tipe retro

Mengenal Lebih Dekat Tipe-tipe Retro

kiwari farmers

Bisnis Kopi Kekinian ala Kiwari Farmers Warung Kopi di Kaki Gunung