in ,

Hindari Makanan Ini Saat Hamil

Hati-hati ya Bunda saat memilih makanan

makanan saat hamil
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Apakah Moms memiliki pantangan tersendiri dalam memilih makanan saat hamil? Bukan tanpa sebab, janin yang dikandung juga turut mengonsumsi makanan yang dikonsumsi oleh Moms, lho. Oleh karena itu, perhatikan lagi yuk makanan apa saja yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil untuk dikonsumsi?

Daging

makanan saat hamil
Foto: freepik

Daging yang sebaiknya Moms hindari adalah daging yang dimasak dengan tidak matang atau hanya setengah matang. Ini terlihat dari warna dan tekstur daging yang diolah. Daging yang masih mentah berbahaya karena mengandung bakteri dan toksoplasma yang bisa mengakibatkan infeksi.

Ikan dan olahan ikan

makanan saat hamil
Foto: freepik

Tak hanya daging mentah, ikan mentah juga sama berbahayanya bagi ibu hamil. Bahkan, ikan laut juga bisa tercemar oleh merkuri seiring banyaknya pencemaran yang terjadi di lautan. Jenis ikan yang rawan terpapar merkuri antara lain ikan makarel, ikan todak, dan hiu.

Olahan daging juga patut diwaspadai, lho. Bakteri listeria bisa saja terdapat pada ikan asap, baik tuna asap maupun salmon asap. Sebaiknya, masak kembali makanan yang akan dikonsumsi hingga matang.

Telur

makanan saat hamil
Foto: freepik

Telur, terutama telur mentah, bisa mengandung bakteri salmonella yang berbahaya bagi kesehatan. Bakteri ini bisa dimatikan dengan cara proses pemanasan seperti perebusan dan penggorengan hingga matang. Selain itu, hindari mengonsumsi telur mentah dalam adonan, saus, atau eggnog yang tidak dimasak matang.

Sushi

makanan saat hamil
Foto: freepik

Sushi umumnya dibuat dari ikan segar di bagian atasnya. Moms masih bisa mengonsumsi sushi, hanya saja sushi yang menggunakan ikan matang atau tanpa menggunakan ikan sama sekali. Kini, sudah banyak restoran khusus makanan Jepang yang menyediakan sushi tanpa ikan sebagai salah satu menunya. Rasanya tak kalah lezat.

Jus segar

makanan saat hamil
Foto: freepik

Jika Moms hendak mengonsumsi jus segar, pastikan kembali buah yang digunakan sudah dicuci dengan baik. Buah yang tercemar bisa saja mengandung bakteri di dalamnya. Bakteri ini tentu saja berbahaya bagi kesehatan Moms dan si kecil di dalam perut. Solusinya, Moms bisa juga mengonsumsi jus buah kemasan yang sudah diproses lebih lanjut.

Kafein dan alkohol

makanan saat hamil
Foto: freepik

Dua kandungan dalam minuman ini wajib diwaspadai jika Moms sedang mengandung. Berbagai minuman seperti teh, kopi, cokelat, dan soda biasanya mengandung kafein. Sebaiknya, jangan mengonsumsi kafein lebih dari 200 gram per hari. Selain itu, minuman beralkohol wajib dihindari karena bisa menyebabkan komplikasi kesehatan.

aneka minuman hangat

Hangatkan Malam dengan Minuman Khas Indonesia

memantau anak saat bekerja

Pantau Anak Saat Kerja, Begini Caranya