in ,

Hindari Stres Bekerja dengan Cara Ini

Bekerja jangan sampai jadi beban pikiran ya

cara menghindari stres saat bekerja
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Mudah stres saat bekerja? Stres tersebut bisa dipicu berbagai faktor. Mulai dari pekerjaan yang berat, atasan yang memberi tekanan, sampai rekan kerja yang menyebalkan. Tenang, kamu masih bisa menerapkan berbagai cara menghindari stres saat bekerja seperti berikut.

Saat bekerja, tubuh dan pikiran terus beraktivitas selama setidaknya 8 jam sehari. Waktu tersebut belum termasuk pergi dan pulang menuju rumah. Tentu sangat melelahkan, bukan? Oleh karena itu, penting sekali untuk beristirahat dengan cukup.

Setidaknya manusia perlu beristirahat dengan tidur selama 8 jam sehari. Selain waktu tidur, kualitas tidur juga tidak kalah penting. Pastikan tidur yang kamu lakukan nyenyak dan terhindar dari gangguan. Kamu bisa beristirahat ditemani musik yang menenangkan atau dengan lilin aroma terapi.

Selain beristirahat di malam hari, pada waktu siang hari kamu juga perlu beristirahat, lho. Tidak ada salahnya untuk tidur di jam istirahat selama 10—20 menit. Dengan demikian, kamu bisa melanjutkan pekerjaanmu dengan lebih tenang dan tidak mengantuk.

Fisik yang sehat dan bugar juga penting untuk menunjang aktivitas bekerjamu. Oleh karena itu, penting banget rutin berolahraga setidaknya satu kali dalam seminggu. Kamu bisa melakukan jogging di akhir pekan atau gym sepulang kantor. Bergabung dengan kelas yoga juga bisa membantu memulihkan fisik yang lelah.

Kesehatan fisik sangat berpengaruh untuk menunjang pekerjaan. Apalagi kesehatan psikis. Jika kamu merasa stres, hal tersebut malah akan memengaruhi pekerjaanmu. Cara menghindari stres saat bekerja bisa dengan menyalurkan hobi.

Lakukan hobimu di sela-sela pekerjaan. Jika hobi membaca, kamu bisa membaca buku ketika waktu istirahat siang atau di waktu luang saat pekerjaanmu selesai. Jika kamu memiliki hobi berkegiatan di alam terbuka, seperti futsal atau berkebun, lakukan kegiatan tersebut setidaknya seminggu sekali di akhir pekan. Memfasilitasi hobi bisa jadi salah satu cara mengurangi tekanan bekerja.

Perhatikan pula kalender yang kamu punya. Amati apakah ada tanggal merah. Tidak ada salahnya, lho, untuk rehat sejenak dan menjauh dari keramaian kantor. Kamu bisa mengambil jatah cuti agar liburanmu jadi lebih panjang. Kadang, berlibur sendiri atau bersama keluarga bisa jadi solusi terbaik saat tempat bekerja sudah tidak kondusif.

Jangan lupa untuk selalu berbagi masalah yang kamu punya dengan orang yang kamu percaya. Bisa keluarga, pasangan, atau sahabatmu yang berbeda lokasi pekerjaan. Bercerita selain bisa mengurangi stres, juga bisa membuatmu menerima informasi dari lawan bicaramu. Sharing and caring tentang kerjaan ini juga tak kalah penting agar beban di pikiranmu berkurang.

Tempat membaca di Jakarta

Berlokasi di Jakarta, Baca Buku di Sini Dijamin Antibosan

aplikasi chat alternatif selain WhatsApp

Aplikasi Chat Alternatif Jika WhatsApp Down