in ,

Hobi Ini Ternyata Berpeluang Diuangkan

Jangan hanya sebatas hobi, yuk kembangkan hingga terkumpul jadi uang.

hobi yang berpeluang
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Di zaman milenial, rasanya semua hal bisa jadi penghasilan jika ditekuni, termasuk hobi. Beberapa hobi bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, lho. Penasaran hobi apa aja dan gimana caranya? Yuk, simak hobi yang berpeluang diuangkan!

Menulis

hobi yang berpeluang
Foto: pexels

Kalau kamu hobi menuangkan isi kepalamu ke dalam sajak-sajak galau, kini udah nggak zamannya melakukan itu secara cuma-cuma. Kamu bisa ikuti lomba-lomba menulis puisi yang banyak banget informasinya di media sosial dan internet.

Selain itu, menulis juga punya peluang lain untuk dijadikan uang. Kamu bisa menjadi penulis lepas di website atau blog dengan bayaran per artikel. Kamu juga bisa menulis di blog milikmu sendiri dengan gaya yang khas sehingga traffic pengunjung bisa naik dan berpeluang menghasilkan uang.

Menggambar dan mendesain

hobi yang berpeluang
Foto: pexels

Dua hal ini memang berbeda, tapi kesempatannya nggak jauh beda, lho. Kalau kamu merasa jago menggambar dan mendesain, tidak ada salahnya coba mematok harga untuk desain atau lukisan yang kamu buat.

Mulai dari karikatur menggemaskan, sampai desain poster atau banner, kamu bisa mengomersilkan jasamu dengan bayaran yang sudah kamu tentukan. Kamu pun bisa membidik target pasar yang kamu mau, mulai dari personal sampai perusahaan.

Media sosial

hobi yang berpeluang
Foto: pexels

Siapa bilang hobi menghabiskan waktu di media sosial hanyalah menghamburkan waktu? Kini, kamu bisa bermain media sosial sambil menghasilkan uang, lho. Kamu bisa melamar pekerjaan sebagai social media strategist atau content creator untuk berbagai produk.

Biasanya, mereka membutuhkan posisi tersebut untuk mengatur sosial media mereka. Mulai dari menentukan jenis dan konten yang akan dipublikasikan, memilih waktu, sampai meningkatkan engangement dengan para pengikut. Kelihatannya menarik, bukan?

Fotografi dan videografi

hobi yang berpeluang
Foto: pexels

Suka mengabadikan momen lewat kamera? Kalau gitu, kamu berpeluang menghasilkan uang dengan menjadi fotografer ataupun videografer. Jasa ini sangat dibutuhkan untuk berbagai acara, lho.

Mulai dari wisuda, pernikahan, sampai acara penting lainnya bisa jadi ladang usahamu. Ditunjang dengan kemampuan editing yang mumpuni, sudah pasti jasamu akan banyak dicari. Selain itu, kamu pun bisa bekerja lepas alias tidak terikat dan bisa dilakukan saat luang saja.

makanan khas Betawi

Makanan Khas Betawi yang Sebaiknya Kamu Coba!

Lagu Fiersa Besari

Rekomendasi Lagu Fiersa Besari untuk Temani Galaumu