in

Hustle Culture, Overwork yang Sering Dilakukan Fresh Graduate

hustle culture
foto: Pixabay

Ngobrolin.id Hustle culture adalah kebiasaan tidak sehat yang berkaitan dengan pekerjaan. Biasanya, seseorang akan menganggap dirinya rajin bekerja dan menganggap hidup itu untuk bekerja. Ternyata, fenomena ini sudah sering terjadi, lho! Bahkan, sering dialami oleh fresh graduated yang baru masuk perusahaan.

Fenomena hustle culture ini gak sehat untuk mental dan kondisi fisik pekerja. Pasalnya, mereka memiliki motivasi bekerja yang tinggi sehingga sering bekerja melebihi batas waktu untuk meraih kesuksesan. Kondisi tersebut membuat mereka rela mengorbankan waktu dan tenaganya hanya untuk bekerja.

Bekerja memang sudah menjadi rutinitas sehari-hari yang perlu dilakukan untuk memenuhi kesejahteraan hidup. Hardwork atau kerja keras juga memang diperlukan untuk mendapatkan apa yang kamu impikan. Tapi, hardwork dan overwork itu berbeda ya teman! Rata-rata gaya hidup hustle culture melakukan overworking alias kerjanya terlalu berlebihan.

Dampak buruk

Bekerja secara berlebihan dapat merusak keseimbangan kehidupan dan pekerjaan (work life balance). Makanya, hal tersebut sering menyebabkan dampak buruk terhadap kesehatan mental dan emosional.

Hustle culture berpotensi menyebabkan seseorang burnout atau stres berat, kelelahan, bahkan yang lebih berbahaya lagi dapat menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, kebiasaan ini perlu kamu ubah sebelum menyebabkan dampak buruk yang lebih berbahaya. Memang, tiap orang memiliki latar belakang yang berbeda-beda ketika mereka bekerja. Seberat apa pun alasan di balik kenapa kamu harus bekerja secara berlebihan, kamu tetap perlu mendapatkan keseimbangan antara bekerja dan kehidupan.

Cara mengurangi hustle culture

Selesaikan target pekerjaan tepat waktu. Kamu tak boleh berlebihan dalam menyiapkan waktu untuk bekerja, sisihkan waktu luang selepas bekerja untuk beristirahat dan melakukan aktivitas lain. Sebab, tubuh juga memiliki batas lelah, lho!

Agar kamu tidak gila kerja, sebaiknya hentikan kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain. Kebiasaan tersebut malah akan menyebabkan rasa iri yang berujung menjadi ambisi untuk mengalahkannya.

Kamu perlu ingat bahwa kesehatan fisik, mental, dan emosional perlu dijaga karena itu merupakan investasi jangka panjang yang lebih berharga daripada nominal yang kamu dapatkan. Coba bayangkan, kalau kamu sakit setelah lelah bekerja, uang yang kamu dapatkan dari bekerja akan habis buat berobat dan produktivitas kamu menjadi turun, bukan?!

Detektif Soleh

Detektif Soleh, Film Seri Komedi yang Satire

relationship red flag

Relationship Red Flag yang Menandai Hubungan Asmara Kamu Seharusnya Berakhir