in

Ibu Menyusui Wajib Perhatikan Hal Ini

ibu menyusui
Foto: Pexels

Ngobrolin.id — Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan merupakan fondasi penting bagi kesehatan si buah hati yang baru saja lahir. Karena itu, ibu menyusui wajib memerhatikan asupan nutrisinya supaya ASI yang diberikan pun berkualitas baik.

ibu menyusui
Foto: Pexels

Meski secara alami ASI memang sudah mengandung nutrisi yang dibutuhkan bayi, kuantitas konsentrasinya sangat dipengaruhi oleh pola makan si ibu, lho, Moms.

Seperti yang dikatakan Sekretaris Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Universitas Indonesia, Dr. Sandra Fikawati, M.P.H., di laman Kompas.com, kampanye nutrisi untuk ibu menyusui selama ini masih sangat kurang.

“Selama ini hanya digaungkan bayi harus mendapat ASI eksklusif, tetapi ibunya tidak pernah diberi tahu harus makan seperti apa. Bisa jadi ibunya kurang gizi, tapi masih terus menyusui,” ujar Fika.

Ia juga menyebutkan, ASI yang kurang berkualitas juga bisa jadi penyebab tidak terpenuhinya kebutuhan nutrisi bayi. Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan UI, Ir. Ahmad Syafiq, Ph.D., menuturkan, cukup banyak kasus ibu menyusui yang kekurangan cadangan lemak.

“Kurangnya konsumsi energi ibu menyusui, ibu kelelahan, atau produksi ASI tidak terstimulasi, bisa menyebabkan produksi ASI berkurang, bahkan berhenti,” jelasnya.

merasa sulit tidur di malam sebelum Senin

Merasa Sulit Tidur di Malam Sebelum Senin?

cara penggunaan obat selama puasa

Kenali Cara Penggunaan Obat Selama Puasa