in

Ice Burn, Efek Samping dari Es Batu yang Ditempelkan ke Kulit

ice burn
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Es batu sering digunakan oleh beberapa orang untuk ditempelkan ke kulit wajah. Katanya, es batu tersebut bisa memperkecil pori-pori di wajah, tentu saja ini menjadi keinginan banyak orang. Namun, nyatanya es batu tidak bisa sembarangan ditempelkan ke kulit karena kamu bisa mengalami ice burn.

Ice burn merupakan kondisi di mana kamu merasa kedinginan sampai membuat kulit terbakar. Kondisi ini dapat terjadi ketika kulit terpapar benda dingin atau bertemperatur rendah dalam waktu lama.

Saat kulit kamu terpapar es, air yang berada di sel-sel kulit akan membeku. Kondisi tersebut akan membentuk kristal es yang tajam sehingga membuat struktur sel-sel kulit rusak. Selain itu, sel kulit yang membeku juga membuat pembuluh darah menyempit. Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Gejala-gejala ice burn yang perlu kamu ketahui adalah kulit berubah warna menjadi merah, putih, gelap, atau abu-abu. Biasanya timbul rasa nyeri, mati rasa, atau melepuh. Kulit kamu terasa jadi gatal dan kulit menjadi mengeras atau berlilin.

Kemungkinan efek ice burn lebih besar dirasakan oleh seseorang perokok, orang yang sedang mengonsumsi obat yang mengurangi aliran darah ke kulit seperti beta-blocker, penderita diabetes, orang yang mengalami neuropati perifer atau kondisi lain yang dapat menurunkan kemampuan tubuh mendeteksi cedera, serta kulit rapuh yang sering dialami anak-anak dan orangtua.

Jika kamu atau orang terdekat kamu mengalami ice burn, segera singkirkan sumber dingin dari kulit, kemudian hangatkan kulit secara perlahan. Kamu bisa merendam bagian yang terkena ice burn di dalam air hangat selama 20 menit atau menggunakan kompres yang direndam air hangat.

Berikut ini langkah-langkah mengatasi ice burn.

  • Rendam bagian yang menunjukkan gejala ke dalam air hangat bersuhu 40°C selama 20 menit. Suhu air tidak boleh lebih dari 42,2°
  • Berikan jeda selama 20 menit setelah direndam, kemudian lakukan perendaman kembali jika dibutuhkan.
  • Gunakan kompres hangat atau selimut hangat pada tubuh yang menunjukkan gejala ice burn.

Saat mengatasi kondisi ini, kamu perlu menghindari penggunaan barang atau sesuatu dengan suhu yang terlalu tinggi karena hal tersebut malah akan memperparah gejalanya.

Jika penanganan pertama tersebut tidak membuahkan hasil, sebaiknya segera ke dokter untuk mendapatkan pertolongan medis.

foto makanan

Tips Foto Makanan yang Bagus dengan Menggunakan Hape

rumah kentang

Kabar Terbaru dari Rumah Kentang di Bandung yang Horor