in

Icip Makanan Khas Lampung, Ini Daftarnya

makanan khas Lampung
Foto: instagram aerofrontoneairport

Ngobrolin.id — Berkunjung ke Lampung tak lengkap bila hanya bertandang ke Way Kambas. Dikenal dengan olahan pisangnya yang melegenda, ternyata ada banyak makanan khas Lampung yang patut dicoba. Yuk, intip daftar makanan khas Lampung yang bisa kamu icip!

Tempoyak

Penggemar durian dijamin suka menu yang satu ini. Tempoyak merupakan olahan buah durian yang disajikan setelah mengalami fermentasi. Beragam bumbu ditambahkan untuk memberikan rasa yang khas. Rasa dan aroma tempoyak cukup tajam sehingga cukup mengganggu bagi yang kurang menyukai makanan ini. Mengonsumsi tempoyak dipadukan dengan nasi dan lauk.

Pisro

Pembuatan pisro menggunakan ikan betok atau ikan tembakang. Kedua ikan ini dipilih karena rasanya gurih, teksturnya padat, dan dagingnya yang tebal. Ikan ini diolah dengan bumbu-bumbu lain dan ditambahkan gula aren sehingga rasanya cenderung manis.

Gabing

Makanan khas Lampung yang satu ini bahan utamanya menggunakan batang kelapa yang masih muda. Batang kelapa diiris tipis hingga berukuran seperti lembaran kecil. Olahan ini dibumbui dengan beragam rempah. Ada dua jenis gabing, yakni gabing berkuah dan tidak berkuah. Olahan gabing biasanya ditambahkan daging, jamur, dan pelengkap lainnya.

Gulai taboh

Sama seperti gulai pada umumnya, gulai taboh juga menggunakan santan sebagai bahan kuah utama. Hanya saja, jika gulai kebanyakan dibuat dari daging kambing, gulai taboh dibuat dengan menggunakan ikan sungai atau ikan laut. Jika menggunakan ikan sungai, akan diberikan keluwek sebagai bumbu tambahan. Sementara, jika menggunakan ikan laut, biasanya diolah dengan campuran sayur.

Benjak enjak

Menu yang satu ini merupakan camilan khas Lampung. Makanan ini bisa disajikan sebagai kudapan. Dalam acara adat, benjak enjak juga sering dihidangkan. Bahan pembuatnya pun sederhana, yakni beras ketan, pisang raja yang sudah tua, santan, dan gula.

Kue segumpal

Makanan khas Lampung yang ini bisa dijumpai menjelang Ramadan. Bahan utamanya adalah santan dan beras ketan. Selain pada saat bulan puasa, kue segumpal juga bisa dijumpai pada perayaan adat.

Galaksi Andromeda adalah

Galaksi Andromeda Tetangga Bima Sakti

situs freelance

Situs Freelance untuk Kamu yang Sedang Cari Sampingan