in

Iktikaf yang Ramai pada 10 Malam Terakhir Ramadan

iktikaf, salah satu kegiatan ibadah yang ramai pada bulan ramadan

iktikaf
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Selain tarawih yang hanya bisa dilakukan pada Ramadan, ada lagi kegiatan lainnya yang sering dilakukan pada Ramadan, yaitu iktikaf. Iktikaf pada dasarnya merupakan kegiatan berdiam diri di masjid sejak malam hingga pagi menjelang. Namun, bukan sekadar berdiam diri di dalam masjid, mereka melakukan kegiatan ibadah seperti shalat, membaca Alquran, zikir, dan semacamnya.

Ibadah ini terbilang sunah dan boleh dilakukan siapa saja. Oleh karena itu, banyak orang membawa seluruh anggota keluarganya pada malam-malam terakhir Ramadan untuk menginap di masjid agar ibadah mereka jauh lebih khusyuk. Tak jarang, sebagian jamaah bahkan membawa perlengkapan seperti bantal dan selimut.

Selama iktikaf berlangsung, jamaah diperbolehkan untuk tidur melepas istirahat. Tak ada batasan waktu lamanya tidur. Hanya saja, mereka harus mengingat waktu karena tujuan dari iktikaf bukanlah pindah tidur ke masjid dari rumah.

Ramadan merupakan bulan suci di mana diturunkan kitab suci Alquran yang menjadi pedoman hidup umat Islam hingga akhir zaman. Di dalamnya pula terdapat malam Lailatul Qadar, mereka yang bisa merasakan kesempatan tersebut akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Bahkan, sampai dikatakan pahalanya sama seperti ibadah 1.000 bulan.

Namun, tidak ada yang tahu pasti kapan malam Lailatul Qadar itu berlangsung, hanya Allah SWT yang berhak menentukan kapan tiba dan kepada siapa malam tersebut akan datang. Hal tersebut membuat umat Islam bersemangat mendapatkan malam tersebut dengan rajin beribadah dan bersungguh-sungguh.

Iktikaf berlangsung pada 10 malam terakhir di Ramadan, biasanya dilakukan pada malam-malam ganjil seperti ke-21, 23, 25, 27, 29. Namun, ada juga jemaah yang melakukan iktikaf penuh pada 10 malam terakhir, tidak hanya pada malam-malam ganjil.

Hal ini menjadi sebuah tradisi yang kian melekat pada masyarakat Indonesia. Masjid-masjid besar akan membukakan pintunya pada jamaah yang hendak beriktikaf. Selain itu, banyak masyarakat yang melakukan safari iktikaf dengan berpindah-pindah masjid untuk mendapatkan pengalaman baru.

miracle in cell no.7

Mircale in Cell No 7 Dibuat Versi Indonesia

asal kata mudik

Asal Usul Kata Mudik yang Kerap Terdengar Menjelang Lebaran