in

Indonesia Mulai Rencanakan Penggunaan Mobil Listrik

mobil listrik katanya platnya lucu loh!

mobil listrik
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Santer terdengar kabar bahwa pemerintah Indonesia mulai mencanangkan pengurangan mobil berbahan bakar minyak bumi dan menggantinya dengan mobil listrik. Sebenarnya, sudah ada beberapa negara yang sudah menggunakan mobil tersebut. Hal ini semata-mata untuk mengurangi emisi bahan bakar dan tingkat populasi yang dihasilkan mobil nonlistrik.

Tersebar banyak meme di media sosial tentang rencana yang sedang dibangun oleh pemerintah Indonesia ini. Sebagian dari mereka mulai menahan diri untuk tidak membeli mobil baru terlebih dahulu hingga mobil listrik resmi dijual di Indonesia. Seperti meme yang dikutip dari akun instagram @overheardjkt

‘Lo katanya kemarin mau beli mobil, gimana?’

‘Kayanya gak jadi. Mau nunggu harga mobil listrik turun dulu ah.’

‘Kenapa mobil listrk?’

‘Biar platnya beda, lucu soalnya warna biru.’

Penggunaan mobil listrik sendiri didasari untuk menjaga lingkungan dari polusi udara yang  kerap dihasilkan oleh mobil berbahan bakar minyak. Jumlah kendaraan tersebut sudah terlalu banyak sehingga menyebabkan ketidakseimbangan di lingkungan. Selain itu, juga berdampak pada perubahan cuaca. Kedua hal tersebut sudah menjadi perhatian seluruh negara di dunia.

Tak heran jika sudah banyak negara menggunakan mobil yang mampu menekan polusi udara. Tiongkok menjadi negara paling banyak menggunakan mobil listrik. Sudah ada 2,24 juta unit mobil yang tersebar di negara tersebut. Dilanjutkan oleh Amerika Serikat, Norwegia, Jepang, Inggris, Prancis, Jerman, dan Belanda.

Ketidakseimbangan lingkungan akibat emisi gas rumah kaca sudah harus menjadi tanggung jawab oleh seluruh negara. Indonesia pun mulai mencanangkan penggunaan mobil ini untuk mengurangi emisi yang dihasilkan dari mobil berbahan bakar nonlistrik.

Terlebih pada pertengahan 2019, Kota Jakarta masuk dalam daftar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Sontak membuat banyak pihak mulai mengupayakan pemulihan lingkungan kembali, salah satunya dengan menghadirkan mobil yang tidak menggunakan bahan bakar minyak.

Indonesia sudah mampu memproduksi mobil tersebut berikut dengan kesiapan baterainya yang menjadi bahan bakarnya. Pemerintah pun sudah mulai mengatur fasilitas yang dibutuhkan oleh mobil listrik, seperti stasiun pengisian listrik umum yang akan dipegang oleh PT Pertamina dan PLN. Namun, masih banyak persiapan yang harus disiapkan oleh pemerintah.

 

kereta api garut

Kereta Api Jakarta-Garut, Kehadirannya Disambut Meriah

toilet anjing

Osaka International Airport, Bandara Pertama yang Menyediakan Toilet untuk Anjing