in

Ini Alasannya Kamu Harus Curhat

Ternyata curhat itu penting, lho!

curhat
foto: unsplash

Ngobrolin.id Curhat menjadi salah satu media untuk meringankan kegundahan hati yang tidak bisa sepenuhnya dikeluarkan kepada orang asing. Tidak ada satu pun orang yang tidak menyarankan untuk curhat, karena curhat adalah cara termudah yang bisa kamu lakukan di tengah terpaan masalah.

Dilansir dari kompas.com, konselur sekaligus trainer Harmoni Ezra mengibaratkan hati manusia sebagai gelas yang berisi air bening. Lalu, gelas tersebut diisi oleh pasir. Pasir yang mengendap dan tidak dikeluarkan akan membuat air keruh. Begitu pun dengan hati manusia, pasir merupakan gambaran permasalahan yang harus dikeluarkan melalui curhat.

Memang, jika dibiarkan, pasir tersebut bisa mengendap ke dasar permukaan gelas dan air menjadi bening kembali. Namun, jika datang pasir yang lain, tentunya volume endapan menjadi lebih besar. Hal itulah yang membuat kamu harus curhat tentang masalah yang sedang dihadapi.

Tidak merasa kesepian dan sendiri

Sahabat yang menjadi tempat cerita akan mengerti kamu dan berusaha membantu dengan memberikan semangat untuk menguatkan kondisi kamu. Dengan bercerita, kamu akan terhindar dari rasa kesepian dan sendiri karena kamu memiliki teman yang mengerti keadaan kamu saat itu. Teman pun akan berusaha menghibur kamu agar tidak merasa kesepian.

Memperbaiki suasana hati

Mengeluarkan isi hati yang sedang kamu tahan dapat memperbaiki mood atau suasana hati yang semula merasa tertekan karena cerita yang kamu pendam. Hati menjadi terasa lebih lega, yang mulanya penuh dengan berbagai macam persoalan seperti masalah di sekolah, kantor, rumah, dan percintaan.

Menemukan pandangan lain

Dengan bercerita, kamu akan mendapatkan pemikiran dari sudut pandang lain dan bisa menjadi masukan bagi permasalahan yang sedang kamu hadapi. Terkadang, saat hati sedang gundah gulana, kamu menjadi sulit berpikir dengan jernih untuk menemukan solusi yang tepat. Oleh karena itu, kamu perlu menceritakannya ke teman yang kamu anggap bisa memberikan solusi.

Menjauhi depresi

Bercerita juga mampu meredam stres dan menurunkan tingkat depresi. Depresi terjadi karena tekanan stres yang terakumulasi dalam beberapa waktu. Dengan mengeluarkannya satu per satu dan berusaha untuk menyelesaikannya, depresi akan menjauhi kamu.

harga teman

Sahabat, Sebaiknya Jangan Meminta Harga Teman

mengatur pengeluaran bualanan

Cara Mudah Mengatur Pengeluaran Bulanan Biar Gak Boros Melulu