in

Ini Alasannya Social Distancing Dilakukan Selama 14 Hari

lakukan social distancing seoptimal mungkin ya guys!

social distancing
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Saat ini beberapa kota tengah menerapkan program social distancing selama 14 hari guna mencegah penularan virus corona semakin parah. Jakarta, Bogor, Depok, Solo, dan kota lainnya meliburkan sekolah pada seluruh jenjang selama 14 hari. Sebenarnya, kenapa harus 14 hari, sih? Kamu sudah tahu jawabannya?

Seseorang yang terkena infeksi virus corona tidak akan langsung menunjukkan seluruh gejala dalam waktu yang cepat. Gejala infeksi akan muncul secara perlahan dari hari ke hari. Bahkan, gejalanya pun sangat samar, seperti penyakit biasa atau lebih mirip dengan sakit tipes.

Gejala paling umum yang sudah dirasakan oleh para pasien adalah demam, batuk kering, pilek, sesak napas, dan diare. Seluruh gejala tersebut tidak langsung parah, tetapi tingkat keparahannya naik secara perlahan dari hari ke hari.

Oleh karena itu, untuk memastikan seluruh gejala tersebut keluar, seseorang harus menunggu waktu minimal selama 14 hari. Jika setelah 14 hari seseorang tidak mengalami apa pun, ia dipastikan aman.

Nah, jika kamu mendapat kesempatan atau libur selama 14 hari, sebaiknya kamu pergunakan dengan baik untuk mengarantina diri sendiri di rumah untuk memutus rantai penyebaran virus.

Misalnya, kamu mendapat kesempatan selama 14 hari, tetapi di hari ke-6 kamu gunakan jalan-jalan ke luar rumah bersama keluarga. Setelah itu, kamu mendapatkan kondisi terburuk, yakni tertular virus corona. Pada hari ke-15 kamu masuk bekerja atau sekolah, gejala tersebut masih belum terdeteksi meskipun kamu sudah terinfeksi. Akhirnya, kamu malah akan menularkan ke teman dekat dan waktu social distancing yang telah diberikan oleh pemerintah atau perusahaan menjadi sangat percuma.

Virus yang kamu bawa dari ketidakpatuhan tersebut akan memiliki efek domino yang sulit untuk diputus. Oleh karena itu, waktu 14 hari bukan waktu untuk berlibur, melainkan untuk mengarantina diri sendiri guna membantu orang lain serta pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus.

Yuk, mulai sadar dengan kesehatan diri sendiri dan orang lain, mengingat virus corona sudah ditetapkan oleh WHO merupakan virus pandemi. Tunda dulu beberapa agenda selama 14 hari kedepan demi kebaikan bersama.

Hal tersebut pun berlaku pada kamu yang habis bepergian ke luar negeri. Sebaiknya, ambil jeda selama 14 hari untuk mengarantina diri sendiri di rumah untuk memastikan kamu sehat dan tidak akan menularkan virus apa pun ke orang-orang terdekat.

 

 

 

manfaat kunyit

Langkah Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Manfaat Kunyit

lockdown

Lockdown dan Dampaknya pada Suatu Negara