in

Ini Alasannya Wanita yang Sedang Haid Sering Marah

jadi ini alasannya kalau wanita sering mood swing saat haid

haid sering marah
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Ketika tamu bulanannya datang, biasanya wanita akan cukup ‘mengerikan’ untuk diganggu. Hal tersebut bukan tanpa sebab. Siklus menstruasi wanita memang cukup memengaruhi seluruh kondisi tubuh hingga mood-nya. Tak heran, jika wanita yang sedang haid sering marah. Sebaiknya, jaga mood-nya biar kamu gak dicakar, ya!

Memang apa sih yang menyebabkan perubahan tersebut. Setiap wanita pasti menginginkan siklus haid yang berjalan lancar tidak memberikan banyak gangguan yang menghambat aktivitasnya. Namun, beberapa wanita merasakan sakit di area yang berbeda-beda, bahkan dalam kondisi medis tertentu rasa sakit tersebut berlangsung dengan sangat parah.

Rasa sakit yang timbul di hari pertama

haid sering marah
foto: pixabay

Hal pertama yang membuat mood wanita berantakan di hari-hari pertama haid adalah rasa sakit yang tidak karu-karuan. Memang rasa itu akan hilang dalam hitungan jam, tetapi tetap saja, rasa sakit tersebut cukup menyita energinya.

Rasa sakit yang dirasakan setiap perempuan berbeda-beda, saat mereka menahan rasa sakit menjadi cepat lelah sehingga cenderung mudah marah, menangis, dan kecewa. Untuk mengurangi rasa sakit, kamu bisa menjaga asupan makanan dan minuman, seperti mengurangi kafein, soda, daging merah, dan makanan manis.

Perubahan kadar hormon estrogen

haid sering marah
foto: pixabay

Pada saat haid, wanita mengalami perubahan kadar hormon estrogen yang sangat fluktuatif sehingga menimbulkan mood swing yang parah. Hormon estrogen akan naik secara perlahan pada saat menstruasi kamu sudah usai hingga puncaknya pada saat dua minggu kemudian mendekati jadwal menstruasi. Saat hari menstruasi tiba, hormon estrogen akan menurun drastis. Perubahan hormon inilah yang menyebabkan gejala PMS.

Fluktuasi hormon ini juga bisa menyebabkan penurunan nafsu makan dan berat badan. Terkadang bisa menaikkan tingkat kecemasan.

Lingkungan yang tidak bersahabat

haid sering marah
foto: unsplash

Tahukah kamu jika cuaca atau situasi yang tidak bersahabat juga dapat membuat wanita haid sering marah atau minimal gundah gulana. Hal tersebut disebabkan tubuh saat haid kekurangan banyak endorfin (hormon mood bahagia) atau sistem imun tubuh sedang lemah. Oleh karena itu, lingkungan yang terlalu berat baginya membuat wanita haid menjadi tertekan, stres, bahkan jika dibiarkan menjadi depresi.

online shop penipu

Ketahui Online Shop Penipu dengan Cara Ini

makanan valentine

Makanan Valentine Selain Cokelat untuk Orang yang Kamu Sayang