in

Ini Beda Jenis Masker Debu

jenis masker debu
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Selain mengganggu penglihatan, debu jalanan juga mengganggu pernapasan. Malah sering kali, kita harus mengenakan masker saat berkendara. Seiring dengan meningkatnya debu dan polusi di Indonesia, sudah saatnya kita tahu beda jenis masker debu agar nggak salah pilih dan menggunakannya.

Masker partikel

Masker ini salah satu ini merupakan jenis masker debu yang paling banyak digunakan. Kemampuan masker partikel, yaitu bisa menyaring partikel hingga ukuran 0,3 mikron.

Biasa dijual dengan berbagai warna, jenis masker partikel ada dua, lho. Pertama, masker berbahan fiber. Masker ini cukup banyak digunakan berbagai pihak. Mulai dari penggunaan menghindari debu, saat berkendara, hingga untuk industri.

Jenis masker fiber termasuk masker dispossable. Artinya, masker fiber termasuk sekali pakai yang jika sudah selesai digunakan harus dibuang. Tentu saja hal ini karena kemampuan menyaring masker tersebut sudah berkurang.

Kedua, jenis masker kertas. Keunggulan masker kertas adalah kemampuan filtrasi udara yang lebih baik. Bahkan, virus pun bisa tersaring dari udara dengan menggunakan masker ini.

Selain itu, masker kertas juga memiliki bentuk yang lebih rapi. Masker ini bisa mencetak bentuk wajah sehingga bisa menutupi area hidung dan mulut dengan lebih sempurna. Kalau kamu mencari masker jenis ini, kamu bisa mengenalinya dari kode N95 dan N100 yang terdapat pada masker.

Kegunaan masker kertas cukup luas. Selain untuk menghalangi debu, masker kertas juga digunakan untuk operasi dan dunia medis. Masker ini tahan lebih lama ketimbang masker fiber, yakni bisa mencapai dua minggu. Berbeda dengan masker fiber yang hanya mampu digunakan hiingga kurang lebih 4 jam.

Masker kimia

Masker ini dikenal juga sebagai penjernih udara. Disebut demikian sebab di dalam masker ini, terdapat filter yang terbuat dari bahan karbon aktif. Tentu saja hal ini memberikan keunggulan, yakni karbon aktif bisa digunakan untuk menyaring udara. Kualitas udara yang terhirup pun jadi lebih baik.

Sama seperti masker partikel, masker ini juga dibedakan menjadi dua. Jenis masker debu yang pertama digunakan untuk zat kimia ringan. Masker tipe ini digunakan pada saat pengecatan, polusi ringan, dan pencemaran akibat bau. Kode masker ini adalah NP 305.

Sementara, jenis masker yang kedua digunakan untuk kebutuhan penyaringan udara yang lebih pekat. Masker dengan kode NP 306 ini digunakan pada saat berada di daerah asap akibat proses kimiawi, oksidasi, pengelasan, dan kebakaran.

Penggunaan masker memang baik untuk menyaring udara bersih yang masuk ke pernapasan. Namun, jangan gunakan masker apabila kadar oksigen di udara kurang dari 19,3 persen, ya. Jika berada dalam kondisi seperti itu, kamu sudah harus menggunakan alat bantu pernapasan lain yang dilengkapi dengan tabung oksigen.

gelang pintar

Pavlok, Gelang Pintar Buat Bantu Kamu Mengakhiri Kebiasaan Buruk

cara memilih masker antidebu

Tips Memilih Masker Debu, Jangan Salah Pilih!