in

Ini Bedanya Homestay, Hotel, Vila, Guesthouse, dan Losmen

jangan sampai salah lagi ya

homestay
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Setiap ingin mencari penginapan, kita pasti sering dibingungkan dengan istilah yang berbeda-beda namun berfungsi sama, yakni tempat penginapan. Terkadang, kita juga sering salah sebut antara homestay dan vila, antara hotel dan hostel, dan semacamnya. Agar kamu nggak salah-salah lagi dalam menyebutkannya, yuk simak penjelasan berikut.

Homestay

Homestay bisa diartikan sebagai rumah singgah atau rumah yang bisa disinggahi saat sedang melakukan perjalanan di suatu daerah. Homestay merupakan penginapan yang menggunakan konsep seperti rumah saudara yang dijadikan tempat singgah sementara. Pemilik homestay biasanya tinggal tidak jauh dari homestay. Karena konsepnya yang seperti rumah, homestay jarang berada di pinggir jalan, dan lebih mudah ditemui di perkampungan.

Hotel

Hotel merupakan pengertian tempat penginapan sesungguhnya yang berkembang di tengah masyarakat. Hotel memili banyak jenis, seperti motel, hostel, dan beberapa jenis hotel lainnya. Perbedaan tersebut biasanya didasari dari perbedaan karakter hotel, fasilitas, dan harga yang diberikan pada tamu. Namun, dari seluruh jenis hotel, semuanya sama-sama menyediakan tempat menginap dan jasa pelayanan kamar.

Vila

Vila merupakan tempat tinggal yang berada jauh dari keramaian dan disewakan untuk turis menginap dan berlibur. Vila biasanya terletak di luar perkotaan dan daerah yang memiliki udara yang sejuk. Vila sering dijumpai di dekat beberapa destinasi wisata. Para turis yang sengaja menyewa vila sebagai tempat menginap biasanya akan menginginkan pengalaman lebih, seperti pemandangan yang bagus serta fasilitas yang baik.

Guesthouse

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, guesthouse berarti rumah tamu. Guesthouse berbeda dengan hotel, hostel, dan losmen. Guesthouse biasanya hanya menyediakan fasilitas menginap seperti tamu yang sedang menginap di rumah kerabat. Karena itulah, biasanya guesthouse memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan jenis-jenis penginapan lainnya.

Losmen

Losmen merupakan penginapan minimalis yang tidak disertai dengan berbagai fasilitas yang biasanya diberikan oleh hotel, hostel, dan villa. Fasilitas tersebut biasanya adalah AC, TV, dan lain-lain. Karena losmen hanyalan penginapan minimalis, ukuran kamarnya tidak begitu besar. Losmen juga termasuk penginapan yang murah karena biasanya dalam satu kamar hanya tersedia kasur dan lemari.

Try Out MasukKampus

Tahun Ke-3 Hadir di Kota Solo, Try Out MasukKampus Makin Epic!

workout

Jaga Kesehatan Badan dengan Rajin Workout