in

Ini Berbagai Pilihan Dessert Panas, yang Mana Kesukaanmu?

dessert panas
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Suka makan makanan penutup alias dessert? Pasti kamu sudah sering dong mendengar nama-nama dessert di bawah ini. Dessert sendiri disajikan dengan dua cara, panas dan dingin. Dari sekian banyak, yang mana yang jadi dessert panas favorit kamu?

Souffle

dessert panas
Foto: pixabay

Makanan manis ini memiliki tekstur yang lembut. Souffle terbuat dari bagian kuning telur dan putih telur yang sudah dikocok. Makanan ini dimasak dengan cara dipanggang dalam oven. Sayangnya, makanan ini akan kempis setelah dua puluh hingga tiga puluh menit pemanggangan. Oleh karena itu, nikmati hidangan penutup ini segera ketika masih panas, ya, agar kenikmatannya tidak berkurang.

Crepes

dessert panas
Foto: pixabay

Adonan crepes sebenarnya hampir mirip dengan adonan pancake, hanya saja lebih cair. Bentuk yang dihasilkan pun lebih tipis. Makanan ini sangat digemari karena rasanya dapat disesuaikan dengan selera. Di Eropa bahan utama pembuatannya adalah terigu, mentega, telur, dan susu. Crepes manis menggunakan tepung gandum dan crepes asin menggunakan bahan dari tepung buckwheat.

Crepes sendiri berasal dari Bretagne, Prancis bagian barat. Di sana, kue tipis yang berisi berbagai varian isian ini disebut dengan kramphouezh.

Molded pudding

dessert panas
Foto: pixabay

Molded pudding adalah puding yang dibuat dengan cara dipanggang dan disajikan seperti souffle. Sebaiknya, kamu langsung mengonsumsinya tidak lama setelah diangkat dari oven agar rasanya belum berubah. Berbagai varian molded pudding antara lain saxon pudding, rice pudding, dan frankfruit pudding.

English pudding

dessert panas
Foto: pixabay

Ciri khas puding ini adalah disajikan dengan sirup buah. Yang paling terkenal adalah bread and butter pudding yang terbuat dari roti dan mentega.

Fritters

dessert panas
Foto: pixabay

Adonan cair yang terdiri atas tepung terigu, susu, dan telur bernama fritters ini digunakan sebagai adonan pencelup buah-buahan. Selanjutnya, buah-buahan yang sudah dicelupkan akan digoreng dan menjadi kudapan santap penutup. Beberapa fritters yang umum dikonsumsi adalah banana fritters, pineapple fritter, dan apple fritters.

Pai

dessert panas
Foto: pixabay

Pai adalah kue yang terdiri atas dua lapisan. Lapisan luar merupakan kulit kue yang memiliki tekstur lebih keras dan renyah ketika digigit. Bahan dasar kulit pai adalah remah biskuit atau pastry yang diratakan ke wadah pencetak.

Isian pai biasanya berupa custard, puding, kadang, hingga selai buah-buahan. Isian ini umumnya memiliki rasa manis dan tekstur yang lebih lembut. Selain itu, pai juga biasanya diberi topping berupa buah-buahan segar. Beberapa pai bahkan dibuat dengan isian daging untuk menambah variasi kue ini.

Pastry

dessert panas
Foto: pixabay

Pastry adalah olahan berbahan dasar gandum yang memiliki tesktur berbeda dengan roti, walaupun bentuknya hampir sama. Roti cenderung berongga karena ragi memfermentasi dan membuat udara dalam adonan. Sementara, pastry memiliki tekstur berlapis karena dibuat dengan menipiskan adonan dan melapisinya dengan mentega.

Adonan ini kemudian dibuat hingga berlapis-lapis dan dibentuk sesuai keinginan, umumnya berbentuk persegi dan bulan sabit. Jika sudah, pastry akan dipanggang sehingga menghasilkan tekstur yang renyah.

es krim gelato

Gelato, Si Manis Dingin Bukan Es Krim Biasa

kenapa es krim candu

Kenapa Es Krim Bikin Candu? Ini Alasannya!