in ,

Ini Cara Merawat Kuku Panjang Sendiri di Rumah

agar kuku panjang tetap sehat

merawat kuku panjang
foto: pexels

Ngobrolin.id — Kuku panjang yang cantik dan bersih menjadi dambaan bagi sebagian perempuan. Tak heran, banyak perempuan yang sengaja memanjangkan kuku agar terlihat lebih indah. Namun, kuku yang panjang membutuhkan perawatan tambahan agar kebersihannya tetap terjaga. Merawat kuku panjang bisa dilakukan sendiri dari rumah dengan bahan-bahan yang murah, lho!

Potong kuku secara rutin

Hal pertama untuk merawat Kuku panjang adalah rutin dipotong agar bentuknya tetap cantik dan sesuai dengan keinginan kamu. Gunakan alat pemotong kuku yang tajam dan bersih agar kamu mudah membentuk kuku saat memotong kuku. Alat yang tajam juga memudahkan kamu membersihkan kuku.

Rendam di dalam larutan garam

Merendam kuku ke dalam larutan garam bermanfaat untuk mengangkat kuman dan bakteri yang menempel di antara sela-sela kuku. Selain itu, perendaman tersebut juga bisa membuat kuku menjadi lebih rileks.

Minyak zaitun

Minyak zaitun memang sudah terbukti ampuh digunakan untuk merawat kecantikan tubuh, salah satunya menjaga kecantikan kuku. Kandungan minyak zaitun bisa memperkuat jarigan pada kuku sehingga kuku menjadi lebih sehat. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke kuku dan diamkan selama 15—20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

Belimbing wuluh

Belimbing wuluh mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk memberikan kelembapan alami pada kuku. Selain itu, belimbing wuluh juga bisa mengangkat kotoran yang menempel pada kuku dan membuat kuku menjadi lebih bersih berkilau.

Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu menggosok-gosokkan belimbing wuluh ke seluruh bagian kuku hingga air belimbing wuluh meresap ke dalam kuku dan kotoran di sela-sela kuku terangkat keluar. Setelah itu, bilas kuku dengan air bersih.

Bawang putih

Bau bawang putih memang cukup mengganggu, apalagi bau tersebut bisa tertinggal cukup lama di telapak tangan. Namun, bawang putih sangat bermanfaat menguatkan kuku, lho! Bawang putih bisa mencegah kuku agar tidak rapuh, retak, dan patah. Bawang putih juga berguna untuk mencegah serangan jamur yang merusak penampilan kuku.

Kamu hanya perlu menggosokkan bawang putih secara perlahan ke seluruh bagian kuku hingga merata. Diamkan selama beberapa saat agar kandungan bawang putih meresap ke dalam kuku, lalu bilas dengan air hingga bersih.

the woman in black

The Woman in Black, Teror Rumah Tua yang Mengincar Anak Kecil

kulit belang

Mengatasi Kulit Belang Akibat Terlalu Sering Bawa Motor