in

Ini Dia 6 Patriot Jagat Sinema BumiLangit

Jagat Sinema BumiLangit
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Indonesia terus menunjukkan taringnya di jagat perfilman. Tak ingin kalah, Indonesia pun akan punya waralaba pahlawan super seperti Marvel Cinematic Universe (MCU). Waralaba tersebut bernama Jagat Sinema BumiLangit alias BumiLangit Cinematic Universe (BCU). Waralaba ini diumumkan pada Minggu (18/8) oleh BumiLangit Studios.

Film Gundala yang dijadwalkan rilis akhir bulan ini akan menjadi gerbang menuju Jagat Sinema BumiLangit Jilid I dalam enam tahun ke depan. Sama seperti MCU, Jagat Sinema BumiLangit juga memiliki kelompok pahlawan super. Kelompok tersebut bernama Patriot yang pertama kali diperkenalkan lewat komik berjudul Patriot Eksperimen-X yang rilis pada 1996. Nah, berikut ini daftar karakter Patriot versi komik dan BumiLangit Studios.

  1. Gundala

Gundala diperkenalkan lewat seri komik Gundala Putra Petir karya Hasmi yang pertama kali rilis pada 1969. Pada versi komiknya, Gundala adalah seorang insinyur bernama Sancaka yang berambisi mencari serum antipetir.

Alih-alih menemukan serum, Sancaka malah tersambar petir hingga mempertemukan dirinya dengan Raja Petir Kronz. Kronz mengangkat Sancaka menjadi anaknya dan memberikan kalung ajaib yang dapat mengubah dirinya menjadi manusia super.

Sementara, dalam film Gundala yang akan rilis akhir Agustus 2019 ini, karakter Sancaka diperankan oleh Abimana Aryasatya. Ia diceritakan bukan berprofesi sebagai insinyur, melainkan petugas keamanan suatu tempat yang tersambar petir.

  1. Godam

Godam pertama kali muncul dalam komik bertajuk Memburu Doktor Setan karya Widodo yang rilis pada 1969. Kisahnya berlanjut dalam beberapa komik di antaranya Mencari Jejak Mayat (1970), Sinar Mata-X (1973), dan Panik (1976).

Godam memiliki nama asli Awang yang berprofesi sebagai supir. Ia mendapat kepercayaan dari Bapa Kebenaran untuk memiliki kekuatan Godam yang berasal dari dimensi lain.

Kemampuan super Godam adalah terbang dan memiliki kekebalan super. Dari kostum dan kekuatan, karakter Godam mirip dengan Superman.

Dalam trailer Gundala yang diperankan oleh Faris Fadjar Munggaran, anak Cecep Arif Rahman memerankan karakter Awang kecil. Sementara, karakter Awang dewasa akan diperankan oleh Chico Jerikho. Godam direncanakan memiliki film sendiri bertajuk Godam & Tira yang belum diketahui tanggal perilisannya.

  1. Tira

Tira pertama kali diperkenalkan lewat komik yang rilis pada 1975. Karakternya diciptakan oleh Gun Mardiono (Nono). Tira memiliki nama asli Susie, mahasiswi jago bela diri. Saat menjadi Tira, ia mengenakan kostum berteknologi tinggi. Karakter Tira akan diperankan oleh Chelsea Islan.

  1. Maza

Maza pertama kali diperkenalkan lewat komik yang rilis pada 1968. Karakter Maza diciptakan oleh Hasmi. Maza bernama asli Kanigara. Awalnya, Kanigara bermimpi menjadi Maza—dibantu Jin Kartubi—yang tengah menjalankan misi mencari mutiara biru dan putrinya yang dicuri Rahczor.

Setelah misi berhasil diselesaikan, Kartubi memberikan sebuah cincin kepada Maza. Saat terbangun dari mimpi, cincin tersebut benar-benar berada dalam genggaman Kanigara. Kemudian, terdengar suara Kartubi yang mengatakan bahwa takdir Kanigara menjadi Maza.

Maza digambarkan sebagai sosok bertubuh kekar yang kekuatan super. Senjata andalannya adalah belati yang dapat memanggil Kartubi dan menuruti perintahnya.

  1. Aquanus

Aquanus muncul pertama kali lewat komik Aquanus di Planet Vibhy yang rilis pada 1968. Pencipta karakter ini adalah Widodo.

Aquanus bernama asli Dhanus dan berasal dari Planet Zyba. Dhanus sampai ke Bumi karena roket yang ditumpanginya jatuh saat Planet Zyba diserang.

Aquanus mampu bernapas dalam air dan ahli berenang. Selain itu, ia memiliki senjata andalan berupa sabuk canggih (sinar pelangi) yang bisa memancarkan sinar penghancur. Dalam film, karakter Aquanus akan diperankan Nicholas Saputra.

  1. Merpati

Merpati muncul pertama kali dalam seri komik Gundala bertajuk Pengantin Buat Gundala, rilis pada 1977. Karakter bernama asli Sedhah Esti Wulan tersebut juga diciptakan oleh Hasmi, sang kreator Gundala. Sedhah Esti Wulan berprofesi sebagai jurnalis.

Kemampuan super Merpati adalah terbang, bela diri, dan mendeteksi arah. Dalam film, karakter Merpati akan diperankan Tara Basro.

Niki dan Rich Brian

Salut! Niki dan Rich Brian Meriahkan HUT RI di Amerika

Kampoeng Tempo Doeloe

Wajib Coba! 4 Kuliner Legendaris di Kampoeng Tempo Doeloe