in

Ini Dia 7 Stasiun Tertua Di Indonesia

Pasti lebih tua umur stasiun ini dibanding umur kamu

Stasiun Tertua Di Indonesia
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Moda transportasi kereta sudah ada sejak zaman penjajahan sehingga tak heran jika beberapa stasiun besar memiliki desain interior ala Belanda. Jika kamu menganggap Jakarta Kota merupakan stasiun tertua karena penampakan gedungnya yang sangat kental budaya Belanda, kamu salah. Ternyata, ada stasiun tertua lainnya yang tidak kalah unik. Berikut 7 stasiun tertua di Indonesia.

Stasiun Semarang Gudang atau Tambaksari (NIS)

Stasiun ini dibangun di Kota Semarang tidak jauh dari lokasi wisata Gedung Lawang Sewu. Pada zaman dulu Stasiun Semarang merupakan markas dari Nederlandsch Indische Spoowerg Maatshappij (NIS). Stasiun ini dibangun pada 16 Juni 1864 dan diresmikan oleh Gubernur Jenderal Baron Sloet van de Beele.

Stasiun Semarang Tawang

Stasiun ini diresmikan tak lama setelah 4 Stasiun Semarang Gudang diresmikan, yakni pada 19 Juli 1868. Stasiun ini melayani perjalanan kereta api eksekutif dan bisnis. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api besar tertua kedua di Indonesia setelah Semarang Gudang. Pada 1873 jalur kereta Stasiun Semarang Tawang diperpanjang hingga mencapai Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Lempuyangan yang berada di Yogyakarta.

Stasiun Lempuyangan

Stasiun Lempuyangan terletak di Kota Yogyakarta dan berdiri pada 2 Maret 1872. Stasiun ini melayani kereta api ekonomi yang melintasi Yogyakarta.

Stasiun Kedungjati

Stasiun Kedungjati terletak di Kedungjati, Grobogan. Stasiun ini diresmikan pada 21 Mei 1873. Pada mulanya Stasiun Kedungjati dibuat dari kayu, lalu diubah konstruksinya menggunakan batu bata berplester dengan konstruksi bahan atap yang terbuat dari seng.

Stasiun Ambarawa

Stasiun Ambarawa dibangun pada 1873 dan kini sudah beralih fungsi menjadi museum kereta atau biasa dikenal dengan Museum Kereta Api Ambarawa. Stasiun Ambarawa terletak di Jawa Tengah dan memiliki koleksi beragam jenis kereta api yang pernah berjaya.

Stasiun Solo Balapan

Stasiun Solo Balapan menghubungkan empat kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Stasiun ini dibangun pada 1863, namun baru diresmikan pada 1873. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api terbesar di Jawa Tengah bagian selatan, yakni Kota Surakarta.

Stasiun Purwosari

Stasiun ini berada di Purwosari, Surakarta. Stasiun ini juga dibangun oleh NISM dan merupakan stasiun percabangan jalur kereta yang berasal dari arah Surabaya dan Wonogiri.

 

Cerita Sedih dan Haru di Balik Lagu ‘Memories’ Maroon 5

jenis es krim

7 Jenis Es Krim yang Sering Ditemui, Sudah Coba?