in

Ini Dia Aplikasi Chat yang Paling Banyak Digunakan

aplikasi chat
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Memasuki era digital, semuanya serba terkoneksi pada internet. Begitu pula dengan berkirim pesan. Orang nggak perlu lagi repot-repot lagi ngirim pakai surat, cukup dengan surel alias surat elektronik. Begitu pula dengan kirim pesan. Nggak perlu kirim sms, sekarang sudah banyak aplikasi kirim pesan. Nah, ini dia aplikasi chat yang paling banyak digunakan.

aplikasi chat
Foto: Pixabay

WhatsApp

Bisa dibilang, hampir sepertiga pengguna online messenger menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi utama mereka berkirim pesan. Aplikasi yang diakuisisi oleh Facebookini memang punya beragam fitur dan kemudahan.

Bentuknya yang simpel juga mudah digunakan oleh banyak pihak, dan juga cocok sebagai ‘wadah’ bekerja. Kamu bisa berikirm foto, dokumen, memantau perjalanan dengan share location, sampai berkirim stiker.

WhatsApp juga memungkinkan penggunanya berbagi cerita lewat story yang dapat dilihat teman yang saling menyimpan kontak. Kamu juga bisa menelepon dan juga video call hingga 4 orang sekaligus.

Messenger

Dulunya, aplikasi ini masih satu bagian dengan Facebook. Seiring berjalannya waktu, Messenger menjadi aplikasi terpisah yang memungkinkan penggunanya berkirim pesan dengan kontak teman yang ada di Facebook.

Messenger juga memiliki fitur berkirim teks, dokumen, foto, sampai stiker. Sampai saat ini, pengguna utama aplikasi ini masih didominasi oleh Amerika Serikat, Kanada, dan beberapa wilayah Asia termasuk Indonesia.

Line

Di Indonesia, Line sudah banyak dipakai. Aplikasi besutan Jepang ini sukses mendongkrak pasar karena fiturnya yang unik, yaitu berkirim stiker. Berbagai stiker mulai dari icon Line seperti brown, cony, moon, edward, dan lain-lain, sampai stiker berbayar yang dijual di Line Store.

Selain itu, kamu juga bisa berkirim dokumen, foto, video, lokasi, kontak, dan banyak lagi. Selain itu, Line Today juga menjadi sumber berita terkini. Fitur ini memungkinkan pengguna Line mengakses berbagai informasi dari berbagai portal berita sekaligus.

Line juga merambah dunia komik dengan Line Webtoon. Fitur lainnya seperti Line Jobs digunakan untuk memudahkan para pencari pekerjaan. Official account juga bisa dibuat jika kamu punya bisnis, organisasi, atau perusahaan sebagai sarana marketing dan memberikan informasi.

WeChat

Produk aplikasi dari Cina ini sangat digandrungi di negaranya. Tak hanya fitur-fitur berkirim pesan, WeChat juga bisa digunakan sebagai alat transaksi. Awalnya, aplikasi ini dibuat untuk bisa saling berkirim suara karena pada saat itu belum banyak aplikasi yang dapat melakukan pengiriman suara.

Telegram

Punya fitur yang hampir sama dengan WhatsAppmembuat ia sering dibandingkan dengan aplikasi yang telah lebih dulu diluncurkan itu. Bedanya, kamu bisa punya lebih dari satu akun telegram dalam satu ponsel. Selain itu, telegram dapat mengirim pesan lebih cepat karena ia berbasis cloud.

File yang dikirim pun dapat lebih besar dari aplikasi-aplikasi chat lainnya yakni mencapai 1,5 giga byte. Kamu bahkan bisa mengirimkan dokumen yang sudah dikompres dalam bentuk zip.

KakaoTalk

Masih dari Asia Timur, kali ini aplikasi chat ini merupakan kebanggaan Korea Selatan dan paling banyak digunakan warganya. Sama seperti kebanyakan aplikasi chat, kamu juga bisa menemukan fitur-fitur berkirim pesan, pesan suara, mengirim stiker, dan lain sebagainya.

apa sih NOS itu

Oh… Ini yang Namanya NOS

para chef ini cantik

Selain Jago Mengolah Makanan, Para Chef Ini Cantik Menawan