in

Ini Dia Bedanya Maling, Copet, Rampok, dan Jambret

maling copet rampok jambret
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Punya pengertian yang hampir mirip, tapi nyatanya maling, copet, rampok, dan jambret punya pengertian yang berbeda, lho. Perbedaan itu didasarkan pada metode dan cara yang digunakan untuk menjebak korbannya. Nah, kali ini Ngobrolin.id bakal kasih tahu kamu bedanya maling, copet, rampok, dan jambret. Yuk, simak informasinya!

Maling

Maling biasanya akan melakukan aksinya secara diam-diam. Ia cenderung tidak akan terang-terangan melakukan aksi pencurian yang ia lakukan. Maling umumnya akan menyatroni korbannya, biasanya dalam suatu ruangan seperti rumah atau kamar kosan.

Ia akan menyelinap lewat tempat yang tidak diduga. Tempat favorit maling masuk antara lain atap, loteng, jendela, bahkan beberapa pintu yang tidak dijaga dengan ketat. Serem, ya?!

Copet

Jika maling menyasar barang berharga dalam rumah, sasaran utama copet paling banter hanyalah jam tangan, dompet, atau ponsel. Copet beraksi di kendaraan umum atau kawasan wisata yang cukup ramai.

Copet juga akan beraksi secara diam-diam walaupun berada di keramaian. Hal ini karena sangat rawan tertangkap bagi seorang copet ketika sedang beraksi.

Rampok

Rampok adalah golongan pencuri yang paling ekstrem karena ia akan melakukan aksinya secara terang-terangan. Sasarannya bisa siapa saja dan di mana saja, baik di rumah-rumah warga, minimarket dan warung maupun orang yang sedang berjalan.

Rampok biasanya bersenjata karena ia menyerang secara langsung dan membutuhkan ancaman agar korbannya takut dan tidak berkutik.

Jambret

Modal lari dan nekat adalah ciri khas seorang jambret. Ia menyasar pejalan kaki atau pengendara motor yang bergerak lebih lambat. Jambret biasanya dilakukan bergerombol. Walaupun yang lain juga tak jarang bersama-sama, jambret berkendaraan butuh pembagian tugas.

Kalau kamu yang sedang berjalan dan membawa barang berharga, pastikan barang berhargamu tidak mencolok dan diletakkan di tempat yang sulit diraih oleh orang asing.

Ingat, kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat dari pelaku, melainkan juga karena ada kelengahan dari korbannya. Jangan ragu untuk melawan atau meminta bantuan, ya, agar kamu tidak menjadi sasaran maling, copet, rampok, ataupun jambret.

cara menghindari alergi

Begini Caranya Menghindari Alergi agar Tidak Kambuh

Kill This Love BlackPink

BlackPink Pecahkan Rekor YouTube, Blink Wajib Bangga!