in

Ini Dia Berbagai Penyebab Gigi Sensitif

Sering merasa ngilu? Hati-hati dengan berbagai sebab gigi sensitif

Penyebab gigi sensitif
Foto: freepik

Ngobrolin.idPenyebab gigi sensitif berbeda-beda setiap orangnya. Semua orang pun memiliki kesempatan yang sama untuk menghadapi permasalahan ini. Masalahnya, tak semua orang mengetahui penyebabnya dengan pasti. Yuk, cari tahu berbagai penyebab gigi sensitif.

Menggosok gigi terlalu keras

Salah satu penyebab gigi sensitif yang paling banyak ditemukan adalah cara menggosok gigi yang salah. Jika kamu terlalu keras saat menggosok gigi, hal tersebut dapat menyebabkan lapisan terluar gigi rusak. Akibatnya, saraf yang terletak di dekat gigi akan mudah terangsang oleh penyebab yang lain.

Penyakit gusi

Tak dapat dimungkiri, penyakit gusi memang menyebalkan. Penyakit pada gusi bisa merupakan bengkak gusi karena peradangan ataupun gingivitis. Hal ini dapat membuat area sekitar gigi menjadi lebih sensitif dan rawan terserang rasa ngilu.

Plak gigi yang merajalela

Salah satu alasan mengapa kamu harus menyikat gigi secara rutin adalah untuk menghindari terbentuknya plak atau karang gigi. Karang gigi yang berlebihan menempel pada gigi bisa menyebabkan lapisan pelindung gigi rusak. Akibatnya, gigi menjadi lebih sensitif.

Tengok celah gigi, apakah ada yang busuk?

Selain plak, kamu juga harus rajin menggosok gigi untuk menghindari adanya sisa makanan yang tertinggal pada sela gigi. Sisa-sisa makanan ini bisa membusuk, terutama jika kamu memiliki padatan gigi yang renggang dan bercelah. Akibatnya, kebusukan gigi ini akan merusak enamel gigi dan menyebabkan gigi jadi sensitif.

Pilih pasta gigi dan obat kumur yang tepat

Komposisi obat kumur dan pasta gigi umumnya mengandung baking soda atau peroxide. Bahan-bahan ini digunakan sebagai pemutih dalam pasta gigi dan obat kumur. Sebaiknya, hindari bahan-bahan tersebut dalam komposisinya. Kamu bisa membaca komposisi tersebut di bagian belakang kemasan sebelum membelinya.

Kamu juga bisa memilih pasta gigi khusus untuk gigi sensitif, jika kamu merasa memiliki gejala gigi sensitif. Biasanya, pasta gigi khusus ini mengandung bahan tertentu seperti novamin atau calcium sodium phosphosilicate. Bahan ini jika terkena air liur akan melepaskan ion mineral dan mampu melapisi permukaan gigi.

liburan musim dingin Korea

Liburan Musim Dingin Korea di Indonesia

mencegah demensia

Cegah Demensia dengan Hal Sederhana