in ,

Ini Dia Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami

memutihkan ketiak
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Ketiak termasuk salah satu bagian tubuh yang kurang diperhatikan sehingga masih banyak orang yang jarang merawatnya. Padahal, ketiak yang tidak rajin dirawat dengan benar dapat mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap. Untuk mengembalikan warna ketiak, kamu bisa melakukan dengan cara perawatan medis ataupun alami. Memutihkan ketiak secara alami membutuhkan waktu dan usaha yang lebih besar dibanding perawatan secara medis.

Sebelum memutihkan ketiak secara alami, alangkah baiknya kamu menghentikan kebiasaan-kebiasaan yang dapat menyebabkan perubahan warna pada ketiak.

Kulit di ketiak dapat menghitam ketika deodorant yang digunakan mengandung bahan yang membuat kulit menjadi lebih gelap. Sebaiknya, ganti deodorant berbahan alami untuk mencegah perubahan warna menjadi semakin gelap.

Jangan mencukur bulu ketiak, sebaiknya lakukan waxing atau laser hair removal. Mencukur bulu ketiak dapat menyebabkan perubahan warna kulit dan membuat kulit menjadi terluka.

Ketiak juga perlu dilulur agar kulitnya ter-exofiliasi sehingga sel-sel kulit mati yang berada di permukaan kulit dapat terangkat. Lulur dapat dilakukan minimal satu kali dalam seminggu.

Perubahan warna kulit ternyata juga dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok dan terlalu sering menggunakan pakaian yang terlalu ketat.

Nah, setelah kebiasaan-kebiasaan yang dapat mengubah warna kulit di ketiak sudah kamu hilangkan, sekarang kamu sudah bisa mencerahkan warna ketiak secara alami dengan bahan-bahan yang sangat mudah didapatkan, seperti timun, kulit jeruk, kunyit, dan lemon. Cara penggunaannya cukup mudah. Yuk, simak ulasan di bawah ini!

Timun

Iris timun menjadi lembaran yang tipis, kemudian gosok secara perlahan ke bagian ketiak yang menghitam. Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas dengan air dan keringkan. Cara ini perlu diulang sebanyak 1—2 kali sehari dalam kurun waktu yang kurang bisa ditentukan agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Lama perawatan bergantung pada kondisi kulit masing-masing, yang terpenting rutin dan jangan malas.

Kunyit

Gunakan ¼ bubuk kunyit, lalu campur dengan 2 sendok makan air perasan lemon di dalam mangkok kecil. Setelah itu, aduk hingga menjadi berbentuk pasta. Oleskan pasta di bagian ketiak dan diamkan selama 15—30 menit. Selanjutnya, bilas dengan air bersih dan keringkan.

Kulit jeruk

Gunakan 1 sendok makan susu dan 1 sendok makan air mawar, kemudian tambahkan bubuk kulit jeruk secukupnya, aduk hingga adonan menjadi pasta. Gosok ketiak dengan pasta tersebut dan biarkan selama 15 menit. Bilas ketiak dengan air dingin dan ulangi perawatan sebanyak dua kali dalam seminggu.

Lemon

Iris lemon menjadi lembaran tipis-tipis, lalu gosokkan lembaran ketiak secara perlahan dan diamkan selama 10 menit. Bilas ketiak hingga bersih dan keringkan dengan handuk. Perawatan ini bisa dilakukan setiap hari hingga warna kulit ketiak kembali cerah.

 

Geez & Ann

Sinopsis Geez & Ann yang Tayang di Netflix

jalur sepeda

Kabar Baik untuk Pesepeda, Jalur Sepeda di Sudirman Sudah Dipermanenkan