in , ,

Ini Dia Jenis Makanan yang Bisa Membuat Kulit Awet Muda

membuat kulit awet muda
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Penuaan memang tidak dapat dihindari. Namun, penuaan sebenarnya bisa ditunda melalui makanan-makanan tertentu. Dikutip dari Mind Body Green, inilah sederet jenis makanan yang bisa membuat kulit awet muda.

membuat kulit awet muda
Foto: Pixabay
  1. Makanan kaya anti-oksidan

Kita tidak bisa menghindari radikal bebas sama sekali, tapi bisa mengurangi kerusakan yang ditimbulkannya dengan diet yang kaya anti-oksidan. Anti-oksidan adalah penangkal radikal bebas. Vitamin A, C, E, antosianin, beta-karoten, likopen, seng, selenium, dan resveratrol hanyalah beberapa anti-oksidan yang berfungsi melindungi kulit. Anti-oksidan tersebut menyumbangkan salah satu elektronnya ke radikal bebas sehingga tidak dapat lagi menyebabkan kerusakan.

Mengonsumsi makanan yang kaya anti-oksidan seperti tomat (likopen), beri (polifenol), sayuran berdaun gelap (Vitamin E), dan bayam (karotenoid) dapat membatasi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan AGEs (advanced glycation end products). Pasangkan makanan kamu dengan beberapa cangkir teh hijau (katekin) dan kopi (asam caffeic) untuk menambah dorongan.

  1. Makanan anti-inflamasi

Makanan yang mengandung lebih banyak gula seperti sereal kemasan, kerupuk, saus, serta karbohidrat olahan dapat membanjiri sistem tubuh dengan glukosa. Konsumsi makanan tersebut bisa menjadi masalah karena bisa menimbulkan peradangan. Tubuh mengalami lonjakan gula darah tinggi dan rendah dan tingkat insulin labil. Akibatnya, kulit melorot, terjadi peradangan, dan timbul penyakit kronis.

Peradangan kronis adalah akar dari penyakit kronis di seluruh sistem dan kulit tanpa terkecuali. Untuk mencegahnya, konsumsilah makanan yang kaya akan senyawa tanaman karotenoid. Contohnya, seperti likopen (tomat, semangka, dan jambu biji), lutein (labu, pistachio, sayuran berdaun gelap), dan zeaxanthin (peterseli, kale, kuning telur). Deretan makanan sehat itu memberi efek anti-inflamasi dan anti-oksidan.

Makanan yang kaya akan seng, selenium, dan tembaga seperti lentil, telur, cokelat hitam, dan almond juga penting untuk pembentukan kolagen dan elastin, serta membantu mengurangi peradangan.

  1. Makanan antiglikasi

Ketika gula bergabung dengan protein atau lemak dalam aliran darah, hasilnya adalah pembentukan senyawa berbahaya yang disebut produk akhir glikasi lanjut (juga dikenal sebagai AGEs). Pada kulit, AGEs membuat kulit jadi kurang elastis, keriput, kendor, dan lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

Apel, asparagus, ara, seledri, paprika hijau, kembang kol, dan bawang telah terbukti memerangi proses glikasi. Bahan makanan tersebut kaya akan fitonutrien dan senyawa bermanfaat termasuk rutin, quercetin, dan luteolin.

Sayuran serat tinggi seperti artichoke dan brokoli serta bumbu dan rempah-rempah dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil dan memblokir AGEs yang merusak kolagen. Oleh karena itu, jangan ragu tambahkan kayu manis, jahe, kunyit, bawang putih, sage, thyme, dan fenugreek pada menu yang kita santap.

Bagian terbaiknya adalah makanan ini dapat digunakan dalam banyak resep lezat. Melindungi kulit tidak berarti hanya makan makanan yang hambar dan membosankan.

nutrisi penting untuk anak

Nutrisi Penting untuk Anak Usia Satu Sampai Enam Tahun

Gundala merupakan

Rilis Teaser, Film Gundala Siap Guncang Indonesia