in ,

Ini Dia Tradisi Unik 17 Agustus yang Bikin Kangen

tradisi yang selalu dilakukan di hari kemerdekaan

tradisi 17 agustus
foto: unsplash

Ngobrolin.id— Setiap Hari Kemerdekaan 17 Agustus, setiap daerah merayakannya denagn perasaan penuh suka cita. Banyak yang menyelenggarakan berbagai tradisi 17 Agustus yang sering bikin kangen untuk mereka yang berada jauh dari Indonesia. Nah, berikut ini tradisi  17 Agustus yang bisa kamu jumpai di Indonesia.

Upacara penaikan dan penurunan bendera merah putih

Setiap Hari Kemerdekaan, seluruh sekolah negeri dan swasta mengadakan upacara di sekolahnya masing-masing sebagai bentuk penghormatan di Hari Kemerdekaan Indonesia. Setiap sekolah menyiapkan tim paskriba yang super keren dengan seragam putih. Selain itu, ada tim paduan suara, tim PMR, dan tim lain yang ikut menyukseskan acara ini menjadi upacara yang megah.

Tidak hanya di sekolah, Istana Negara juga mengadakan upacara yang disiarkan langsung melalui stasiun tv nasional dan swasta. Upacara Kemerdekaan di Istana Negara menjadi salah satu daya tarik masyarakat di Hari Kemerdekaan setelah pulang dari upacara di sekolah.

Memasang bendera dan menghias kampong

Menjelang Hari Kemerdekaan, di beberapa daerah sudah mulai sibuk merangkai bendera merah putih yang terbuat dari plastik. Bendera tersebut akan dipasang di gang-gang jalan sehingga gang tampak meriah. Tidak hanya itu, biasanya mereka juga akan menghias gapura dengan tulisan “HUT RI” atau “Dirgahayu Indonesia” dengan bahan-bahan yang mudah didapat yang dipadukan dengan warna cat merah dan putih.

Pawai obor

Di beberapa daerah kerap merayakan Hari Kemerdekaan dengan pawai obor untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan mengelilingi jalanan kampung sambil membawa obor menyala. Pemandangan ini memang sudah sangat jarang ditemukan di kota-kota besar.

Lomba 17 Agustus

Lomba 17 Agustus menjadi bagian yang dinanti-nanti oleh masyarakat di Hari Kemerdekaan. Biasanya, setiap wilayah mengadakan lomba yang unik-unik, pelaksanaan perlombaan tersebut menjadi ajang silaturahmi antartetangga.

Layar tancap

Layar tancap menjadi salah satu tradisi yang kerap diselenggarakan di beberapa daerah di malam 17 Agustus. Masyarakat akan duduk bersama-sama di lapangan untuk menonton film bersama-sama.

Masih ada banyak tradisi unik lainnya yang biasa diselenggarakan, biasanya setiap daerah memiliki tradisinya masing-masing. Seluruh tradisi tersebut menjadi daya tarik tersendiri di Hari Kemerdekaan.

17 Agustus 2020

Rencana Perayaan 17 Agustus 2020 di Tengah Pandemi

tidak menjadi bucin

Tips agar Kamu Tidak Menjadi Golongan Bucin