in

Ini Dia Vitamin Sayuran yang Dibutuhkan Tubuh

jangan lupa konsumsi sayuran, yah!

vitamin sayuran
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Sayuran merupakan asupan penting yang tidak boleh kamu lewatkan. Karena melalui sayuran, kamu akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih, saat seperti ini, di tengah ancaman berbagai penyakit yang mengintai, tubuh kamu harus kuat dan membutuhkan dukungan dari nutrisi vitamin sayuran. Berikut ini jenis-jenis vitamin sayuran yang bisa kamu dapat jika kamu rajin mengonsumsinya.

Brokoli

foto: pixabay

Brokoli merupakan sayuran yang sangat menyehatkan karena setiap cangkir brokoli cincang dan rebus mengandung vitamin C dan vitamin K yang dibutuhkan oleh tubuh tiap harinya serta 55 kalori yang berguna bagi sumber energi. Brokoli sangat baik untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak karena dapat mengurangi risiko kanker. Hal tersebut disebabkan oleh adanya kandungan sulforaphane dalam brokoli.

Kamu bisa menikmati brokoli dengan berbagai cara, seperti dipanggang, dikukus, ataupun digoreng. Brokoli paling sering ditemukan dalam campuran sup dengan kuah kaldu.

Bayam

foto: pixabay

Bayam mengandung nutrisi yang berguna untuk menurunkan tekanan darah serta memelihara kesehatan jantung. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan sayuran bayam menjadi bahan tambahan pada setiap masakan yang bebas daging dan susu. Bayam juga mengandung air yang cukup banyak serta rendah kalori. Dalam satu cangkir bayam mentah, hanya terdapat 7 kalori. Cocok untuk kamu yang sedang diet.

Nutrisi vitamin sayur bayam adalah vitamin K yang dibutuhkan oleh orang dewasa, vitamin A yang sangat tinggi, vitamin C, magnesium, folat, besi, kalsium, dan anti-oksidan. Kamu bisa menikmati bayam dengan berbagai cara. Namun, yang paling sering adalah diolah menjadi sayur benih dan ditambahkan bulir atau potongan jagung.

Wortel

vitamin sayuran
foto: pixabay

Wortel sangat kaya vitamin A dan dapat memenuhi empat kali kebutuhan vitamin A orang dewasa tiap harinya dalam bentuk beta karoten. Wortel sangat baik untuk memelihara kesehatan mata. Dalam satu cangkir cincangan wortel, terdapat 52 kalori yang bisa kamu dapati tiap harinya. Wortel merupakan sayuran serba guna yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai bentuk.

Tomat

foto: pixabay

Tomat merupakan sayuran buah yang mengandung vitamin C sebanyak 24,7 mg, kalium sebanyak 427 mg, dan 32 kalori. Dalam tomat mengandung likopen yang merupakan anti-oksidan dan berfungsi untuk melawan zat kanker. Tomat juga mengandung anti-oksidan lituen dan zeaxanthin yang berfungsi melindungi fungsi penglihatan mata. Sama seperti wortel, tomat bisa dinikmati dengan berbagai cara, bahkan di jus bersama wortel.

film animasi

Film Animasi Berseri yang Asyik Ditonton

berjemur

Agar Tubuh Lebih Sehat, Ayo Berjemur!