in ,

Ini Dia yang Dimaksud Generasi X, Y, dan Semacamnya

generasi X
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Kamu pasti sering mendengar generasi X, Y, milenial, dan semacamnya, bukan?! Kamu sudah tahu dengan pasti arti dari masing-masing generasi yang berkaitan dengan periode kelahiran? Kalau belum, langsung saja simak ulasannya.

Generasi X

Generasi X digunakan untuk generasi yang lahir pada periode 1965 hingga 1980. Generasi X juga sering disebut baby bust karena pada periode ini angka kelahiran mengalami penurunan yang signifikan.

Generasi X tumbuh di tengah teknologi yang baru berkembang. Kala itu teknologi yang baru ada hanya handphone dan laptop. Generasi ini juga mengalami kesulitan ekonomi yang terjadi pada 1980-an.

Generasi ini dikenal sebagai generasi pekerja keras, berorientasi pada karier, logis, fleksibel, dan pemecah masalah yang baik.

Generasi Y

Generasi Y sering disebut sebagai generasi milenial. Generasi ini lahir pada periode 1980 hingga 1995. Kala itu perkembangan teknologi sudah lebih maju. Mereka juga sudah mulai berkenalan dengan media sosial dan smartphone.

Generasi milenial terkenal sebagai generasi yang memiliki keingintahuan tinggi, percaya diri, dan merupakan generasi dengan minat baca buku yang tinggi. Generasi ini memiliki ketergantungan terhadap teknologi.

Konon, generasi milenial lebih rentan terkena gangguan depresi dan gangguan kecemasan.

Generasi Z

Generasi Z lahir pada periode 1995 hingga 2012. Belum banyak riset mengenai generasi ini. Kendati demikian, generasi ini lahir di tengah teknologi yang sudah canggih. Kehidupannya dipenuhi dengan digital dan diprediksi menjadi generasi dengan karakteristik yang beragam, mulai dari segi akademis hingga hubungan interpersonalnya.

Generasi ini tidak pernah mengenal kehidupan tanpa adanya teknologi sehingga banyak yang menyebut generasi ini sebagai i-gen. Generasi ini juga katanya rentan terkena depresi dan anxiety.

Baby boomer

Ternyata, di luar generasi X, Y, dan Z, ada lagi generasi yang diidentifikasi. Generasi tersebut adalah generasi baby boomer yang lahir pada periode 1946 hingga 1964. Dinamakan baby boomer karena angka kelahiran pada periode itu terbilang tinggi.

Generasi ini dikenal berkomitmen, kompetitif, loyal, pekerja keras, tetapi tidak suka dikritik.

rollercoaster tercepat

Rollercoaster Tercepat di Dunia Ditutup Setelah Menelan Korban

mural

Asal-usul Mural yang Sering Menghiasi Tembok di Pinggir Jalan