in

Ini Kelebihan Anak Kedua dalam Keluarga, Apa Kamu juga Termasuk?

kelebihan anak kedua
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Tahukah kamu, ada banyak kelebihan anak kedua dalam sebuah keluarga. Kita tahu kalau kita gak bisa memilih mau dilahirkan sebagai anak ke berapa, tapi yang bisa kita lakukan adalah memberikan yang terbaik untuk keluarga dengan cara kita sendiri. Nah, berikut ini beberapa keunggulan anak kedua yang bisa dimaksimalkan.

kelebihan anak kedua
Foto: Pixabay
  1. Menghargai yang lebih tua

Anak kedua adalah anak yang sangat bisa menghargai orang, terutama yang lebih tua darinya. Itu sebabnya anak kedua dianggap sebagai orang yang mampu bergaul dengan siapa pun tanpa memandang usia. Dia bahkan bisa memiliki sahabat yang umurnya jauh lebih tua darinya tanpa kesulitan mengatasi perbedaan. Hebat juga, ya!

  1. Gak enakan dan gak pernah ingin jadi beban orang lain

Mungkin perasaan gak enakan ini sebenarnya dimiliki hampir semua orang, tapi dalam kasus anak kedua, perasaan ini lebih kuat, lho. Entah karena lingkungan atau perlakuan dalam keluarga selama ini, anak kedua cenderung gak ingin menjadi beban bagi orang lain. Dia rela melakukan hal yang sebenarnya bukan tugasnya hanya karena dia gak enak sama orang lain. Hati-hati, jika terlalu berlebihan, kamu bisa dimanfaatkan orang lain, lho.

  1. Tahu kapan harus manja dan kapan harus mandiri

Kelebihan lain yang dimiliki anak kedua adalah dia bisa berperan ganda dalam keluarganya. Dia tahu kapan momen yang tepat dan kepada siapa dia harus manja. Begitu pula dia tahu saat yang tepat untuk bersikap mandiri. Anak kedua memang patut diacungi jempol untuk hal satu ini ya.

  1. Selalu ingin menunjukkan yang terbaik yang bisa dia lakukan

Jiwa kompetitif yang cukup tinggi dimiliki anak kedua selalu mendorongnya untuk berusaha semaksimal mungkin hingga titik penghabisan. Baginya, gak ada kata menyerah kalau dia belum mencoba hingga batas akhir. Oleh karena itu, jangan heran kalau banyak anak kedua yang menjadi orang tersukses dalam keluarganya.

  1. Paling peduli pada penampilan

Biasanya, anak kedua dalam keluarga adalah yang paling peduli pada penampilan, mulai dari gaya rambut hingga berpakaian. Dia selalu memiliki keinginan untuk punya ciri khas tersendiri yang kadang terlihat aneh, tapi sebenarnya itulah dirinya yang sesungguhnya.

Menanti jodoh

Kamu Bisa Lakukan 5 Aktivitas Ini Sambil Menanti Jodoh

membuat lilin aromaterapi

Cara Membuat Lilin Aromaterapi Sendiri dengan Gampang