in ,

Ini Kota-kota Besar di Kalimantan

Kalimantan nggak melulu hutan dan gambut lho. Banyak juga metropolitan.

Pemindahan ibu kota Indonesia
Foto: pixabay

Ngobrolin.idPemindahan ibu kota Indonesia ke Pulau Kalimantan akan menjadi babak baru bagi perkembangan Indonesia. Pemindahan ibu kota ke Kalimantan digadang-gadang akan membuat pembangunan dan perkembangan ekonomi lebih merata. Nah, kamu juga perlu tahu ada kota-kota besar di Kalimantan.

Balikpapan

Walaupun bukan merupakan ibu kota provinsi, perekonomian di Balikpapan merupakan yang terbesar di Kalimantan. Kota ini juga menjadi kota besar kedua di Kalimantan Timur setelah ibu kotanya, Samarinda.

Tidak banyak yang tahu jika nama asli Balikpapan adalah Bilipapan yang diucapkan dengan logat Banjar menjadi Balikpapan. Industri yang menaungi kota ini didominasi oleh minyak dan gas, perdagangan, serta jasa. Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di kota ini juga sudah berskala internasional, lho.

Tarakan

Terdapat di Kalimantan Utara, kota ini merupakan kota terbesar di provinsi tersebut. Tarakan dikenal juga sebagai Bumi Panguntaka karena berada di sebuah pulau kecil. Kota ini terdiri atas tiga pulau, yaitu Pulau Bunyu, Pulau Tarakan, dan Pulau Sadau.

Nama Tarakan diambil dari bahasa Tidung, ‘tarak’ yang berarti bertemu dan ‘ngakan’ yang berarti makan. Secara harfiah, kata Tarakan berarti tempat nelayan untuk istirahat dan makan, serta menjajakan hasil tangkapannya. Kota ini juga menjadi kota terkaya ke-17 se-Indonesia.

Banjarbaru

Awalnya Kota Banjarbaru merupakan kota administratif bagian dari Kabupaten Banjar. Luas wilayah kota ini mencapai setengah luas Jakarta. Kota ini pula merupakan bagian dari kawasan perkotaan Banjar Bakula. Metropolitan ini sendiri mencakup Kota Banjarmasin, Banjarbaru, sebagian Kabupaten Banjar, sebagian Barito Kuala, dan sebagian Tanah Laut.

Singkawang

Penyebutan nama kota yang satu ini berasal dari bahasa Hakka, yakni San Khew Jong. Arti kata tersebut adalah ‘sebuah kota di bukit dekat laut dan estuari’. Berada di Kalimantan Barat, Kota Singkawang memang dikelilingi banyak pegunungan dan dekat dengan laut.

Kota ini maju berkat banyak industri. Salah satunya industri pariwisata Singkawang yang menyajikan pemandangan pantai sangat indah. Selain itu, Singkawang juga merupakan kota perdagangan kedua terbesar di Kalimantan Barat setelah Pontianak.

Bontang

Beragam industri menjanjikan berada di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Mulai dari gas alam, batubara, pupuk, hingga kawasan industri petrokimia. Kota ini juga memiliki bandaranya sendiri. Berkat keberadaan tiga perusahaan raksasa di kota ini, Bontang menjadi salah satu wilayah yang diperhitungkan di Kalimantan.

tips datang ke pameran buku

Tips Datang ke Pameran Buku, Dijamin Antipusing

kuliner khas Kalimantan Selatan

Wajib Icip, Ini Aneka Kuliner Khas Kalimantan Selatan