in ,

Ini Olahraga yang Cocok untuk Penderita Diabetes

Olahraga yuk olahraga agar badan segar dan bugar

olahraga bagi penderita diabetes
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Penderita diabetes harus mengontrol pola makan. Salah mengonsumsi makanan, kadar gula darah bisa naik tak terkontrol. Akibatnya, kesehatan pun terancam. Tak hanya asupan, penderita diabetes juga harus rutin berolahraga untuk membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Berikut ini jenis olahraga bagi penderita diabetes yang direkomendasikan.

Naik tangga

Naik tangga merupakan olahraga yang bisa dilakukan di sela-sela waktu bekerja. Olahraga yang satu ini bisa dilakukan berkali-kali dalam sehari. Naik turun tangga selama 3 menit bisa membantu meningkatkan kesehatan, terutama bagi penderita diabetes tipe 2.

Salah satu manfaat yang diperoleh jika rutin melakukan olahraga ini adalah membantu mencegah risiko penyakit kardiovaskular. Kegiatan ini baik dilakukan beberapa saat setelah menyantap makanan.

Jogging

Berlari santai alias jogging bisa dilakukan di pagi hari ataupun di sore hari. Olahraga yang satu ini bisa meningkatkan produksi insulin, membantu menurunkan berat badan, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Jogging selama 30 menit sehari bisa membantu meningkatkan kesehatan. Selain itu, berlari di tempat asri juga baik bagi paru-paru.

Zumba

Melakukan gerakan zumba dapat membantu menjaga tubuh tetap bugar. Selain itu, zumba mampu mengencangkan tubuh dan baik bagi sistem pernapasan. Zumba juga dilakukan dengan musik sehingga bisa memberikan hiburan tersendiri.

Namun, zumba sebaiknya tidak dilakukan oleh orang berusia lanjut, baik penderita diabetes dan usia di atas 40 tahun maupun nonpenderita diabetes.

Berenang

Olahraga yang satu ini bisa dilakukan dengan gaya renang yang berbeda-beda sehingga tidak menimbulkan kebosanan. Berenang bisa memperkuat otot tubuh dan meningkatkan produksi insulin. Sel juga menyerap banyak gula darah saat berenang sehingga kadar gula dalam darah pun akan menurun.

Bersepeda

Senang berkeliling sambil menikmati suasana? Coba lakukan bersepeda sebagai salah satu olahraga yang direkomendasikan dilakukan bagi penderita diabetes. Bersepeda bisa dilakukan di mana saja. Dalam waktu singkat, yakni 15 menit sudah sangat membantu kebugaran tubuh.

Selain itu, bersepeda dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular, meningkatkan kekuatan otot, mengurangi stres dan tekanan, meningkatkan fungsi kalori, dan membakar kalori.

 

kuliner unik Yogya

Intip Kuliner Unik Khas Yogya yang Wajib Kamu Coba

Fiersa Besari menikah

Menikah, Begini Jalan Cerita Cinta Fiersa Besari dan Istri