in

Ini Pekerjaan Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa

kerja sampingan mahasiswa
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Kebutuhan kampus yang membengkak sering kali tidak bisa terselesaikan dengan uang kiriman. Jika kamu sungkan untuk minta uang saku tambahan kepada orangtua, tidak ada salahnya, lho, untuk coba kerja sampingan mahasiswa yang bisa banget kamu lakukan di waktu luang. Hitung-hitung, sambil menyelam minum es campur, bukan?

Barista

kerja sampingan mahasiswa
Foto: freepik

Buat kamu yang suka ngopi, pekerjaan yang satu ini cocok banget untuk kamu lakukan di sela waktu luang. Selain mendapatkan uang, skill meracik minuman favorit banyak orang ini juga bisa meningkat. Jika ditekuni, bekerja menjadi barista bisa menghasilkan pundi-pundi yang tidak sedikit, lho.

Beberapa kafe, hotel, dan restoran membutuhkan barista dalam jumlah yang lebih banyak ketika akhir pekan. Kamu bisa memanfaatkan momen tersebut dengan melamar untuk bekerja paruh waktu. Sudah siap untuk dilatih untuk membuat berbagai macam sajian kopi?

Waiter/Waitress (pelayan)

kerja sampingan mahasiswa
Foto: freepik

Hampir sama dengan barista, pekerjaan yang satu ini juga bisa dilakukan di waktu luang. Beberapa rumah makan, hotel, dan kafe membutuhkan bantuan waiter/waitress (pelayan) paruh waktu untuk memudahkan pekerjaan karyawan tetap dan kinerja restoran tetap terjaga.

Guru les

kerja sampingan mahasiswa
Foto: freepik

Mengajar jadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Kamu bisa bertemu orang-orang baru yang antusias menimba ilmu. Kamu juga bisa me-refresh kembali ilmu yang kamu punya dengan mengajarkannya kepada orang lain.

Menjadi pekerja paruh waktu sebagai guru les, kamu bisa melakukannya privat ataupun bergabung dengan lembaga atau bimbingan belajar tertentu. Jangan salah, rupiah yang kamu dapatkan bisa membuat dompetmu tebal, lho. Belum lagi jika kamu mengajar di banyak tempat sekaligus.

Selain bertatap muka secara langsung, kini sudah ada banyak layanan berbasis internet yang menyediakan bimbingan belajar secara virtual. Kamu bisa mendaftar menjadi guru les di tempat tersebut dan bisa mendapatkan uang jika videomu ditonton.

Bisnis

kerja sampingan mahasiswa
Foto: freepik

Sampingan yang satu ini cocok buat kamu yang berjiwa bisnis sejati. Berbisnis kecil-kecilan bisa dimulai dengan menjadi reseller berbagai produk yang dibutuhkan teman-temanmu. Mulai dari camilan, alat tulis, sampai kaos bisa kamu jual kembali dengan mengambilnya ke tempat yang lebih murah.

Tour guide

kerja sampingan mahasiswa
Foto: freepik

Lokasi kuliah kamu merupakan destinasi wisata? Jangan lewatkan kesempatan yang satu ini. Kamu bisa menjadi guide bagi turis yang sedang berkunjung. Psst… beberapa turis mancanegara ataupun domestik rela membayar mahal, lho, untuk jasa yang satu ini. Pastikan kamu mengetahui lokasi, sejarah, dan berbagai tempat makan menarik yang ada di kotamu, ya.

7 tahap berduka

7 Tahap Proses Berduka, Kenali dan Pahami

menerbitkan buku tanpa penerbit

Menerbitkan Buku Tanpa Penerbit, Memang Bisa?