in

Ini Penyebabnya Sering Mimpi Buruk

penyebab mimpi buruk.
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Mimpi buruk merupakan salah satu gangguan tidur yang sebenarnya cukup normal dialami. Hanya saja, beberapa orang ada yang mengalaminya terus-menerus sehingga mengganggu kualitas tidur mereka. Apakah kamu salah satunya? Kali ini Ngobrolin.id bakal berbagi penyebab mimpi buruk yang dialami oleh banyak orang.

Ada beberapa hal yang menjadi sebab terjadinya mimpi buruk. Hal itu bisa datang dari dalam atau dari luar diri kamu. Beberapa penyebabnya sebagai berikut.

Kurang tidur

Kurangnya waktu tidur jelas bisa mengganggu kualitas tidur kamu. Insomnia meningkatkan munculnya mimpi buruk. Perubahan jadwal tidur yang berakibat pada kurangnya waktu tidur juga jadi salah satu sebab kamu bisa mimpi buruk.

Trauma

Punya pengalaman di masa lalu yang bikin kamu masih trauma sampai sekarang? Beberapa trauma yang menyebabkan mimpi buruk antara lain kecelakaan, bencana, musibah, cedera, dan pelecehan seksual.

Menonton film horor

Hobi nonton film horor bakal bikin kamu kena masalah kalau nggak berani tidur di malam harinya. Film horor emang seru banget buat ditonton. Tapi sering kali, keseramannya masih terbayang bahkan setelah berhari-hari usai menontonnya.

Konsumsi alkohol dan narkoba

Alkohol dan narkoba juga bisa menyebabkan gangguan tidur berupa mimpi buruk, lho. Selain itu keduanya juga tidak baik buat kesehatan fisik kamu. Hindari, yuk!

Stres dan cemas

Stres dan cemas datang dari dalam otak kita sendiri. Stres karena tuntutan pekerjaan dan cemas menghadapi hari esok bisa bikin mimpi buruk datang. Stres juga bsia dipicu karena perasaan sedih yang mendalam seperti kehilangan anggota keluarga dan berpisah dengan orang terdekat.

Mimpi buruk sekali dua kali masih terhitung wajar. Pasti semua orang pernah mengalami kurang waktu tidur ataupun stres dan cemas. Akan tetapi, jika mimpi burukmu terus berlanjut, kamu bisa mulai mengatasinya dengan beberapa cara.

Tidur setiap hari pada jam yang sama bisa mengurangi mimpi buruk. Selain itu, kamu tidak boleh memikirkan banyak hal ketika hendak tidur. Jika masih berlanjut bahkan dalam waktu yang cukup lama, kamu bisa berkonsultasi dengan psikiater.

 

Diare itu apa

Berkenalan Lebih Jauh dengan Diare

Handoko Tjung

Selebtweet Handoko Tjung yang Cuitannya Sangat Relate dengan Kehidupan Warganet