in ,

Ini Perbedaan antara Brown Sugar dan Gula Aren

beda gak sih, brown sugar dan gula aren?

perbedaan antara brown sugar
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Saat ini orang-orang sudah mulai mengenal brown sugar karena kerap dijadikan bahan campuran dalam minuman kekinian. Selain dapat menciptakan rasa yang berbeda, penggunaannya dapat memberikan warna cokelat pada minuman. Jika dilihat sekilas, tampilan gula ini mirip seperti gula aren yang berwarna merah kecokelatan. Kedua jenis gula ini sering dianggap sama, tetapi ternyata perbedaan antara brown sugar dan gula aren cukup signifikan, lho.

Brown sugar merupakan gula yang terbuat dari tebu, sama seperti gula pasir. Hanya saja,  gula ini diberikan sirup molase pada saat proses pembuatannya sehingga menyebabkan hasilnya menjadi berwarna cokelat.

Warna cokelat brown sugar bervariatif, dari mulai cokelat terang hingga cokelat tua. Rasa brown sugar sama seperti gula pasir, yaitu manis. Namun, brown sugar memiliki aroma karamel atau seperti gula terbakar yang sangat khas. Itu sebabnya, banyak menu minuman yang berinovasi menggunakan brown sugar. Gula ini sering digunakan untuk pemanis kue dan minuman.

Sementara itu, gula aren atau nama kerennya palm sugar merupakan gula yang terbuat dari nira pohon aren. Bentuk gula ini padat seperti gula jawa. Namun, saat ini banyak penjual yang sudah memodifikasi bentuknya menjadi halus seperti gula pasir. Sementara itu, brown sugar berbentuk kristal seperti gula pasir. Tapi, kini banyak penjual yang memasarkan brown sugar dalam bentuk serbuk.

Perbedaan brown sugar dan gula aren lainnya yang mencolok adalah warna dari gula aren yang lebih cokelat pekat. Teksturnya juga lebih kasar dan padat. Sementara itu, brown sugar memiliki warna cokelat yang cenderung pudar.

Dari segi rasa, gula aren memiliki rasa yang lebih manis dengan aroma khas air nira. Gula ini sering digunakan pada menu-menu masakan tradisional yang berat, mulai dari menu camilan hingga menu hidangan utama seperti gudeg. Penggunaan gula aren menjadi ciri otentik dari menu masakan tradisional khas Indonesia. Berbeda dengan brown sugar yang lebih sering digunakan unutk pembuatan roti dan kue.

Nah, sudah tahu kan perbedaan kedua jenis gula yang sama-sama berwarna cokelat. Jangan sampai salah jika ditanya penjual minuman ingin menggunakan gula aren (palm sugar) atau brown sugar, ya!

 

 

 

cara menghadapi perundungan

Cara Cerdas Menghadapi Perundungan

tanaman hias yang murah

Ragam Tanaman Hias yang Murah dan Mudah Dirawat