in

Ini Rahasia Mengolah Ceker Ayam

Agar teksturnya lebih empuk, mengembang, dan kenyal saat dimakan.

mengolah ceker ayam
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Kamu suka ceker ayam? Beragam olahan dari ceker ayam bisa kita temui di penjaja kuliner. Mulai dari ceker setan sampai dibuat keripik, ceker ayam selalu nikmat bagi penyukanya. Tapi, pernahkah kamu mengolah ceker ayam sendiri? Kali ini, Ngobrolin.id bakal bagi rahasia mengolah ceker ayam agar lebih nikmat.

Pertama, bersihkan ceker ayam dari kuku, kulit, dan bulu yang masih menempel. Kamu bisa memotong kuku ceker ayam dengan menggunakan pisau pada bagian ujung-ujungnya. Dengan membersihkan bagian kuku, kamu bisa menghindari adanya kotoran yang masih menempel pada kuku.

Kuliti bagian ceker ayam jika masih terdapat bagian yang berwarna kuning dan tebal. Bagian inilah yang dinamakan kulit ceker ayam. Jika dimasak, kulit ini akan punya tekstur yang lebih keras dari dalamnya. Oleh karena itu, lebih baik kuliti ceker ayam terlebih dahulu.

Begitu pula dengan bulu pada ceker ayam yang mungkin saja masih tertinggal, apalagi kalau kamu memasaknya bersamaan dengan bagian paha. Sering kali, bulu ayam masih terdapat sedikit di kulit paha ayam tersebut.

Cara kedua adalah rendam ceker dengan air mendidih. Tidak perlu langsung merebusnya, kamu bisa merendamnya dalam air panas yang sudah mendidih. Cukup lima belas menit dan bau amis pada ceker ayam bisa bekurang.

Selain bau amis, perendaman juga bisa membantu menghilangkan kulit yang tadi sulit dihilangkan, lho. Jangan lupa buang air bekas rendaman, ya.

Rebus ceker dengan air mendidih. Pastikan air yang kamu gunakan adalah air bersih, ya. Kamu bisa merebusnya sampai tingkat kematangan yang kamu inginkan. Rebus ceker juga tidak perlu api yang terlalu besar, cukup gunakan api sedang saja.

Agar lebih nikmat, kamu bisa tambahkan beberapa bahan tambahan. Bumbu seperti garam, bawang putih, daun jeruk, jahe, atau serai bisa kamu tambahkan agar rasanya meresap ke dalam ceker.

Tentu kamu sering melihat olahan ceker menjadi lebih besar dari ukuran sebenarnya, dong. Ternyata ini rahasianya, guys.

Caranya adalah dengan menggoreng ceker setengah matang ke dalam minyak yang sudah panas. Hati-hati, (proses) penggorengan ini cukup berbahaya karena minyak panas bisa terciprat dan mengenaimnu.

Saat ceker belum terlalu matang dan masih dalam keadaan basah, angkat dan tiriskan ceker. Sesegera mungkin masukkan ceker ke air es hingga dagingnya mengembang. Pastikan seluruh permukaannya terendam, ya.

Itu tadi rahasia mengolah ceker ayam yang bisa kamu terapkan untuk memasak ceker kesukaanmu. Selanjutnya, kamu bisa mengolahnya sesuai keinginan. Mau dimasukkan ke sayur atau dibikin balado, rasanya jadi lebih nikmat, lho.

sosok wanita hebat di balik kesuksesan MV BTS

Sosok Wanita Hebat di Balik Kesuksesan MV BTS yang Pecahkan Rekor

musik tanpa copyright

Musik Tanpa Copyright? Dapatkan di Sini!